Mewahnya Leeds United Lawas, dari Eric Cantona Hingga James Milner

Eric Cantona saat memperkuat Leeds United.
Sumber :
  • mirror.co.uk

VIVA – Leeds United telah memastikan promosi ke Premier League musim 2020/21. Ini kali pertama mereka tampil di kasta teratas Inggris setelah menunggu selama 16 tahun.

Termasuk Cristiano Ronaldo, Ini 5 Pemain Sepakbola yang Tidak Minum Alkohol

Leeds merupakan salah satu tim tradisional di Inggris. The Whites sempat merasakan berbagai gelar, termasuk satu gelar Liga Inggris, satu Piala FA, satu Piala Liga, dua Charity Shield/Community Shield dan dua Inter-Cities Fairs Cups.

Tak hanya itu, Leeds juga berprestasi di Eropa. Mereka sekali menembus final Liga Champions, sekali menjadi semifinalis dan juga sekali menjadi runner up Piala Winners. 

5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea vs Leeds United di Piala FA
Prediksi Piala FA: Chelsea vs Leeds United

Sejumlah pemain bintang pernah bermain di Elland Road, markas Leeds United. Sebut saja Harry Kewell, Mark Viduka, Paul Robinson,  Eric Cantona, Alan Smith, Rio Ferdinand, James Milner dan juga El Hadji Diouf.

Berikut kami bahas lima bintang yang pernah memperkuat Leeds United:

1. Eric Cantona
Banyak yang mengingat Eric Cantona sebagai legenda Manchester United. Padahal sebelumnya, pemain asal Prancis ini sempat tercatat sebagai penggawa Leeds United.

Cantona membela Leeds selama dua musim pada 1991 hingga 1993. Dia membantu The Whites merebut dua gelar, yakni Liga Inggris 1991/92 dan Charity Shield 1992. Cantona mencatat 14 gol dari 35 penampilan.

Pada 1993, Cantona menempati posisi ketiga dalam penghargaan Ballon d'Or. Saat itu, dia masih berstatus sebagai pemain Leeds.

2. Harry Kewell
Kewell cukup lama membela Leeds. Pemain asal Australia ini memperkuat All Whites pada 1996 hingga 2003.

Saat membela Leeds, Kewell sukses merebut gelar Pemain Muda Terbaik versi Asosiasi Pemain Profesional Inggris (PFA) pada 2000. Kewell sukses membawa Leeds ke semifinal Liga Champions di musim 2000/01.

Kewell tampil luar biasa selama membela Leeds. Dia mencetak 45 gol dalam lebih dari 180 penampilan selama delapan tahun.

3. Alan Smith
Satu lagi pemain Australia yang pernah membela Leeds. Alan Smith memperkuat Leeds pada 1998 hingga 2004. Total, dia mampu mencetak 56 gol dari 228 penampilan.

Smith mendapatkan penghargaan Supporter's Player of the Year" pada 2003 dan 2004. Dia dianggap mau berjuang keras meski pada akhirnya Leeds harus terdegradasi pada 2004. Sayangnya, Smith dianggap pengkhianat ketika memilih hijrah ke Manchester United pada 2004.

4. Rio Ferdinand
Salah satu bek tertangguh Timnas Inggris ini sempat memperkuat Leeds United. Ferdinand membela Leeds selama dua musim pada 2000 hingga 2002.

Ferdinand memegang peran penting keberhasilan Leeds menembus semifinal Liga Champions 2000/01. Gol tandukannya ke gawang Deportivo La Coruna di babak perempatfinal membawa Leeds menembus ke semifinal.

Sayangnya, krisis keuangan memaksa Leeds untuk menjual Ferdinand. Ferdinan dilego ke MU di musim panas 2002 seharga  £30 juta.

5. James Milner
Pemain yang sukses bersama Manchester City dan Liverpool ini sempat merasakan didikan Leeds. Dia memperkuat tim akademi Leeds pada 1996 dan mencicipi skuad utama pada 2002.

Milner mencatat debut di skuat utama Leeds pada 10 November 2002, melawan West Ham United. Dia menjadi pemain termuda kedua di Premier League dengan usia 16 tahun 309 hari.

Lalu, pada 26 Desember 2002, Milner mencatat rekor pencetak gol termuda Premier League di usia 16 tahun dan 356 hari, dengan membobol gawang Sunderland. Rekor ini akhirnya dipecahkan James Vaughan bersama Everton pada 2005.

Baca juga:

Leeds United Promosi, MU Kedatangan Rival Lawas di Premier League

Baru Promosi, Leeds United Langsung Targetkan Lolos ke Liga Champions

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya