9 Fakta Sensasional Sang Pesulap Manchester City

Gelandang Manchester City, David Silva (kostim biru muda)
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA – David Silva memainkan pertandingan Premier League ke-309 sekaligus laga pamungkas musim ini pada Minggu 26 Juli 2020. Dia membantu Manchester City mengakhiri musim dengan melumat Norwich City 5-0.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Meski gagal mencetak satu gol pun di laga ini, namun kemenangan telak ManCity bisa menjadi laga perpisahan yang pas untuk pemain yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik ManCity.

Walaupun masa depannya masih belum jelas, tetapi warisan pemain yang kini berusia 34 tahun itu di sepakbola Inggris itu sangat jelas: 4 Premier League, 2 Piala FA dan 5 Piala Liga.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Seperti dilansir Opta, berikut ini fakta menarik kecemerlangan pemain berjuluk El Mago (Sang Pesulap) selama 10 tahun berkarier di kerasnya Premier League:

200 Kemenangan
Silva mencapai 200 kemenangan Premier League hanya dalam 289 penampilan. Lebih cepat dari pemain lain dalam sejarah kompetisi ini. ManCity memenangkan 69,2 persen dari semua pertandingan liga ketika 'El Mago' berada di lapangan.

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

289 Pertandingan
Penampilan Silva di Premier League hanya sedikit sejak debutnya daripada dua kiper, David de Gea (312) dan Ben Foster (322).

93 Assist
Silva tidak hanya mencatatkan angka penampilan yang fantastis, dia juga sudah membukukan total 93 assist, setidaknya 17 lebih banyak daripada pemain lain sejak debutnya pada 2010 silam.

153 Gol
Secara keseluruhan, ia berkontribusi langsung atas 153 gol (gabungan dari pencetak gol dan assist). Dia hanya kalah dari Wayne Rooney (155), Harry Kane (163) dan Sergio Aguero (226).

Raja Assist
Silva juga masuk dalam sejarah Premier League dengan berada di urutan keenam dalam tabel jumlah assist sepanjang masa. Dia hanya kalah dari Dennis Bergkamp (94), Frank Lampard (102), Rooney (103), Cesc Fabregas (111), dan Ryan Giggs (162).

Pemain Manchester City, Sergio Aguero dan David Silva.

Top 3 Spanyol
Hanya David De Gea dan Cesc Fabregas (350) yang telah memainkan lebih banyak pertandingan Premier League daripada Silva dalam hal pemain asal Spanyol. 

Torres dan Fabregas
Sementara Fernando Torres (85) adalah satu-satunya pemain asal Spanyol dengan torehan lebih banyak gol. Dan hanya Fabregas yang berada di atas Silva dalam hal gabungan gol dan assist (161).

Musim 2012
Musim terbaik Silva dalam urusan gol dan assist adalah pada 2011-12. Musim ini merupakan gelar pertama ManCity di Premier League. Di musim itu, Silva terlibat langsung dalam 21 gol.

Predator Kotak Penalti
Gelandang yang kini berusia 34 tahun ini pun sudah menciptakan lebih dari 60 peluang mencetak gol di setiap musim, kecuali di musim 2019-20. Dia juga memiliki rata-rata akurasi operan 87 persen.

Baca juga:
Bintang ManCity Ingin Bikin Titisan Ronaldo Menangis di Liga Champions
23 Fakta Unik dan Aneh Premier League Musim Ini
352 Hari Premier League Berujung Drama, Ada Pemenang dan Pecundang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya