Harusnya Premier League Melarang Teknik Penalti Bruno Fernandes

Gelandang Mancester United, Bruno Fernandes
Sumber :
  • twitter.com/B_Fernandes8

VIVA – Teknik Bruno Fernandes dalam melakukan eksekusi penalti mulai menuai kontroversi. Kebiasaan gelandang Manchester United itu dianggap tidaklah lazim.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Biasanya Fernandes akan melakukan ancang-ancang sembari melompat. Setelah itu baru dia melepaskan tendangannya.

Tapi menurut mantan pemain Arsenal, Ian Wright cara tersebut harusnya dilarang oleh Premier League. Karena malah sering membuat polemik.

Haaland Setuju Odegaard Bisa Bikin Man City Makin Hebat, tapi ...

Dia merujuk kepada eksekusi Fernandes ketika MU berhadapan dengan West Bromwich Albion, akhir pekan lalu. Pada kesempatan pertama, tendangan berhasil diblok kiper Sam Johnstone.

Tapi kemudian wasit meninjau video assistant referee (VAR). Eksekusi diulang karena Johnstone dianggap lebih dulu keluar garis gawang. Pada eksekusi kedua, Fernandes akhirnya bisa mencetak gol.

Real Madrid Incar Bintang Muda Manchester United

"Mereka harus menghentikan orang-orang melompat seperti itu. Mereka harus membuat secara penuh, berlari ke arah bola dan menendangnya," ujar Wright, dikutip dari BBC.

Dia merujuk ini sebagai keadilan bagi kiper. Karena dalam aturannya, kiper tidak boleh bergerak sama sekali dari belakang garis gawang sampai pemain lawan melepaskan tendangan.

"Sulit bagi penjaga gawang. Lawan bisa bebas bergerak, sedangkan kiper tidak bisa. Itu tidak adil," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya