Siap-siap Arsenal, Keuangan Klub Bakal 'Goyang' Gara-gara Oezil

Playmaker Arsenal, Mesut Oezil
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Arsenal sedang dilanda galau. Dan itu disebabkan oleh Mesut Oezil. Bagaimana bisa?

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Oezil menjadi salah satu pemain yang jadi incaran di bursa transfer musim dingin, Januari ini. Pemain berpaspor Jerman itu sudah diperbolehkan membuka negosiasi dengan klub lain lantaran kontraknya cuma tinggal tersisa enam bulan.

Tak ada niatan dari Arsenal untuk memperpanjang kontraknya. Kondisi ini membuat Oezil bisa meninggalkan Emirates Stadium pada musim panas mendatang secara bebas transfer.

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Situasi itulah yang membuat The Gunners pusing. Bagaimana tidak, bila opsi itu yang diambil eks penggawa Real Madrid, klub bakal rugi besar.

Pasalnya, pemain 32 tahun itu sudah dibekukan dari skuad dan tak bermain sejak Maret lalu. Padahal, Oezil adalah pemain bergaji termahal di Arsenal.

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Nilainya mencapai £350 ribu per pekan. Dan bila memilih untuk bertahan hingga akhir musim, Oezil akan memakan gaji buta sebesar £8,75 juta atau setara Rp167 miliar.

Belum lagi, ada bonus loyalti yang akan didapatnya jika memutuskan untuk bertahan sampai kontraknya selesai. Nilainya juga tak main-main, berkisar £8 juta atau setara Rp152 miliar.

Itu berarti, Oezil berpeluang mendapatkan Rp319 miliar secara cuma-cuma. Dia hanya perlu bertahan enam bulan lagi demi mendapat uang tersebut.

Sebenarnya, Oezil sudah mendapat tawaran dari klub Turki, Fenerbahce. Bahkan, media Turki sudah mengklaim jika sang pemain telah bersedia untuk bergabung dengan kontrak 3,5 tahun.

Hanya saja, kesepakatan itu kini diragukan. Sebab, Fenerbahce diketahui memiliki utang sebesar £275 juta (Rp5,25 triliun) dan telah meminta pada fans untuk berdonasi demi membantu melunasi utang tersebut.

Bagaimana mungkin mereka bisa membayar gaji Oezil sementara utangnya masih menumpuk? Itulah yang membuat Oezil diragukan bakal hijrah ke Turki. Dan uang dengan jumlah tersebut sangat sayang bila ditinggalkan.

"Prioritasnya adalah bertahan di Arsenal tapi segala hal bisa berubah dengan cepat di sepakbola dan dia mungkin pergi. Jadi, kami akan mengecek setiap opsi pada musim ini dan musim panas," ujar agen Oezil, Dr. Erkut Sogut dikutip The Sun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya