Wayne Rooney Gantung Sepatu dan Jadi Manajer Derby County

Manajer Derby County, Wayne Rooney
Sumber :
  • Twitter/@dcfcofficial

VIVA – Legenda Manchester United, Wayne Rooney, akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu di usia 35 tahun. Itu setelah dia ditunjuk sebagai manajer tetap Derby County.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Rooney dikontrak selama dua setengah musim oleh klub kasta kedua liga Inggris tersebut. Dia menggantikan tugas yang sebelumnya diemban Phillip Cocu.

Sebenarnya, Rooney sudah bertugas sebagai manajer Derby sejak November lalu. Namun, statusnya masih interim sebagai pemain-pelatih. Barulah pada Januari ini, dia diberikan kontrak permanen.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Pria asal Inggris itu memiliki tugas berat dalam menangani Derby. Pasalnya, mereka kini sedang berjuang keluar dari zona degradasi.

Derby berada di posisi 22 namun hanya kalah selisih gol dari Sheffield Wednesday yang berada di zona aman. Sejauh ini, Rooney telah memimpin klubnya dalam sembilan laga, dengan tiga kemenangan, empat imbang, dan sisanya dilalui dengan kekalahan.

Haaland Setuju Odegaard Bisa Bikin Man City Makin Hebat, tapi ...

Photo :
  • thetimes.co.uk

"Ketika saya kembali ke Inggris (usai berkarier di MLS), saya terkagum dengan potensi dari Derby County. Stadion, komplek latihan, dan kualitas dari staf pelatih dan pemain mudanya dan tentu saja suporter yang loyal," ujar Rooney dikutip The Sun.

“Terlepas dari tawaran lain, saya tahu secara naluriah Derby County adalah tempat saya. Diberi kesempatan untuk mengikuti jejak (manajer terdahulu) seperti Brian Clough, Jim Smith, Frank Lampard, dan Phillip Cocu adalah suatu kehormatan dan saya bisa berjanji kepada semua orang yang terlibat di klub dan semua fans kami, para staf bahwa saya akan memaksimalkan potensi yang telah saya lihat selama 12 bulan terakhir," jelasnya.

Rooney datang ke Pride Park pada Januari 2020 dan langsung menjadi bagian penting dari Derby. Sejak datang, dia memang berstatus pemain-pelatih namun masih sebatas membantu manajer yang bertugas kala itu.

Sebagai informasi, Rooney memulai karier di akademi Everton sebelum dipromosikan ke tim utama pada 2002. Dua tahun berselang, dia bergabung dengan Manchester United dan menghabiskan 13 musim di Old Trafford.

Sempat pulang semusim ke Everton pada 2017/18, Rooney memutuskan untuk melanjutkan karier di MLS bersama DC United. Dia kemudian pulang ke Inggris dan bergabung dengan Derby County pada 2020.

Selama kariernya, Rooney pernah mencicipi berbagai trofi yang seluruhnya diraih bersama MU. Total, ada 16 trofi yang diraihnya, termasuk lima Premier League, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Klub. Dia juga menjadi top skor Setan Merah dengan 253 gol.

Sementara di Timnas Inggris, Rooney mengoleksi 120 penampilan dan menjadi top skor The Three Lions dengan 53 gol selama periode 2003-2018. Namun, tak ada gelar yang dipersembahkannya untuk Timnas Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya