Mantapnya Aubameyang dan Saka, Arsenal ke 16 Besar Liga Europa

Pertandingan Arsenal vs Benfica
Sumber :
  • twitter.com/Arsenal

VIVA – Arsenal sukses melaju ke babak 16 besar Liga Europa. Tiket tersebut mereka dapatkan usai menang 3-2 dalam leg kedua babak 32 besar melawan Benfica di Emirates Stadium, Jumat dini hari WIB 26 Februari 2021. Hasil ini membuat The Gunners unggul agregat 4-3.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Arsenal baru bisa membuka keunggulan ketika pertandingan memasuki menit 21. Umpan terobosan yang apik dikirimkan oleh Bukayo Saka dan mengarah ke dalam kotak penalti.

Di sana sudah ada Pierre-Emerick Aubameyang yang mengejar. Begitu mendapat bola, dia melepaskan tendangan lambung yang manis dan membuat bola melesat mulus ke dalam gawang tim tamu.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Tertinggal satu gol membuat Benfica coba sekuat tenaga untuk menyamakan kedudukan. Upaya mereka menemui hasil positif setelah Diogo Goncalves mencetak gol pada menit 43 lewat eksekusi tendangan bebas.

Memulai babak kedua dengan skor imbang 1-1 membuat Arsenal gencar melakukan serangan. Pemain tuan rumah sempat bersorak gembira pada menit 50 setelah Aubameyang menceploskan bola untuk kedua kali.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Tapi wasit memilih untuk memantau video assistant referee (VAR). Dari sana diketahui telah terjadi offside lebih dulu dari pemain asal Gabon tersebut.

Petaka datang untuk Arsenal pada menit 61. Blunder yang dilakukan oleh Dani Ceballos ketika hendak mengamankan bola malah berakhir di kaki Rafa Silva. Dengan tenang penyerang Benfica itu memperdaya Bernd Leno dan mencetak gol.

Arsenal gantian dalam posisi tertinggal. Tak ingin malu begitu saja, mereka menambah intensitas serangan ke pertahanan tim tamu.

Pada menit 67, Kieran Tierney berhasil membuat kedudukan imbang menjadi 2-2. Dia melakukan akselerasi di dalam kotak penalti lalu melepaskan tendangan keras.

Kedudukan imbang ini tak lantas membuat Arsenal tenang. Sebab mereka akan menjadi tim yang tersingkir jika skor bertahan. Pada leg pertama di markas Benfica, skor imbang 1-1 yang jadi hasilnya.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta kemudian memilih untuk menambah striker. Dia memasukkan Alexandre Lacazette pada menit 77 untuk menggantikan Hector Bellerin.

Perjuangan Arsenal untuk menambah gol akhirnya mendapatkan hasil pada menit ke-87. Aubameyang mencetak gol keduanya usai meneruskan umpan matang Saka dengan sundulan.

Susunan Pemain

Arsenal: Bernd Leno; Hector Bellerin (Alexandre Lacazette 75'), David Luiz, Gabriel, Kieran Tierney, Dani Ceballos (Willian 63'), Granit Xhaka, Bukayo Saka (Mohamed Elneny 90'), Martin Odegaard (Calum Chambers 90'), Emile Smith Rowe (Thomas Partey 63'), Pierre-Emerick Aubameyang.

Benfica: Helton Leite; Jan Vertonghen, Nicolas Otamendi, Lucas Verissimo, Alejandro Grimaldo (Nuno Tavares 85'), Adel Taarabt (Gabriel Pires 58'), Julian Weigl (Gian-Luca Waldschmidt 90'), Pizzi (Everton 57'), Diogo Goncalves, Haris Seferovic (Darwin Nunez 57'), Rafa Silva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya