Bungkam Brighton, Arsenal Tetap Gagal Lolos ke Kompetisi Eropa

Selebrasi pemain Arsenal, Nicolas Pepe.
Sumber :
  • metro.co.uk

VIVA – Arsenal menghadapi Brighton and Hove Albion dalam pertandingan pekan pemungkas Premier League 2020/2021 di Emirates Stadium, Minggu 23 Mei 2021. Di laga tersebut, Arsenal sukses menaklukkan perlawanan dari Brighton.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Tuan rumah yang membutuhkan poin penuh demi menjaga asa finis di zona Europa Confrence League langsung memberikan tekanan ke area pertahanan Brighton sejak awal pertandingan.

Pada menit 31, Arsenal sebenarnya mampu membobol gawang Brighton. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut karena Rob Holding sudah berada dalam posisi offside sebelum menceploskan bola ke gawang Brighton.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Dalam sisa waktu yang ada di babak pertama, Arsenal terus menggempur pertahanan Brighton. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum skor kacamata alias 0-0 masih menghiasi duel Arsenal melawan Brighton.

Saat babak kedua baru berjalan empat menit atau tepatnya menit ke-49, Arsenal akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Adalah Nicolas Pepe yang sukses membawa The Gunners unggul setelah tembakan kaki kanannya meluncur mulus ke dalam gawang Brighton.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Pada menit 60, Arsenal sukses menggandakan keunggulan lagi-lagi lewat aksi Nicolas Pepe. Menerima umpan matang dari Martin Odegaard, Pepe yang berdiri tanpa kawalan sukses mengontrol bola dan menembaknya secara terukur ke gawang Brighton.

Dalam waktu yang tersisa di babak kedua, Arsenal tetap mencari gol tambahan, sedangkan Brighton berupaya untuk memperkecil kedudukan. Namun, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 untuk keunggulan Arsenal tak berubah.

Kendati berhasil meraih poin penuh, Arsenal tetap dipastikan gagal tampil di kompetisi Eropa musim depan karena hanya mampu finis di urutan ke-8 klasemen akhir Premier League 2020/2021 dengan koleksi 61 poin. Sedangkan, Brighton tak beranjak dari urutan ke-16 dengan perolehan 41 poin.

Torehan ini membuat Arsenal akan absen untuk pertama kalinya di kompetisi Eropa dalam 24 musim terakhir. Sebelumnya, The Gunners selalu lolos ke kompetisi Eropa seperti Liga Champions, Liga Europa, atau pun Piala UEFA sejak musim 1996

Susunan pemain

Arsenal: Bernd Leno (PG); Calum Chambers, Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Thomas Partey, Granit Xhaka; Nicolas Pepe, Martin Odegaard (Gabriel Martinelli 86'), Emile Smith Rowe (Bukayo Saka 74'); Pierre-Emerick Aubameyang (Alexandre Lacazette 79').

Brighton and Hove Albion: Robert Sanchez (PG); Ben White, Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Pascal Gross, Yves Bissouma, Jakub Moder; Alireza Jahanbakhsh (Adam Lallana 46'), Alexis Mac Allister (Steven Alzate 66'), Leandro Trossard (Aaron Connolly 56').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya