On This Day: Thierry Henry Lengkapi Skuad Bertabur Bintang Arsenal

Thierry Henry saat masih memperkuat Arsenal
Sumber :
  • Sport Gentside

VIVA – Salah satu transfer paling menggegerkan dunia terjadi pada 3 Agustus 1999. Saat itu, The Gunners memboyong Thierry Henry dari Juventus.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Arsenal merogoh kocek £11 juta atau setara Rp219,28 miliar untuk memboyong Henry yang saat itu masih berusia 22 tahun. Nilai tersebut menjadi rekor pembelian untuk The Gunners.

Arsenal saat itu begitu royal di bursa transfer. Sehari sebelum menggaet Henry, The Gunnners menggaet bomber asal Kroasia Davor Suker dari Real Madrid seharga £3,5 juta.

Tak Ada Jaminan Real Madrid Dapatkan Mbappe

"Thierry Henry adalah tambahan berharga untuk skuad kami. Dia merupakan striker muda internasional yang akan menjadi aset besar untuk Arsenal. Dia memiliki pengalaman bersama klub dan level internasional yang bakal memperkuat lini depan kami," kata manajer Arsenal, Arsene Wenger dilansir BBC.

Kedatangan Henry membuat nuansa Prancis di Arsenal begitu kental. Sebelumnya, ada Patrick Vieira dan Emmanuel Petit yang baru membawa Les Bleus juara Piala Dunia 1998.

Mbappe Mau Gabung Arsenal karena Faktor Ini

Lini depan Arsenal pun begitu mengerikan. Selain Henry, masih ada Suker, Nwanko Kany, Dennis Bergkamp dan Marc Overmars.

Henry memperkuat Arsenal pada 1999 hingga 2007. Total, dia menyumbangkan 228 gol dari 370 pertandingan bersama tim asal London Utara. Catatan tersebut menjadikan Henry sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal, jauh di atas Ian Wright (185 gol).

Sejumlah gelar mampu dipersembahkan Henry. Dari mulai dua gelar Premier League, dua Piala FA, dua Community Shield. Henry juga membawa Arsenal sekali menjadi runner up Liga Champions dan Piala UEFA.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya