Resmi, Newcastle United Jadi Milik Pangeran Arab Saudi

Bendera Newcastle United
Sumber :
  • Newcastle United

VIVA – Newcastle United resmi dibeli oleh konsorsium dari Arab Saudi melalui Public Investment Fund, Kamis malam 7 Oktober 2021.

Arab Saudi Akui Bantu Cegat Serangan Rudal Iran ke Israel, Ternyata Ini Alasannya

Perusahaan kepunyaan Muhammad bin Salman itu mengambil alih The Toon 100 persen dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley dengan nilai diperkiraan 300 juta poundsterling.

Sejatinya, proses akuisisi ini sudah berjalan sejak 2020 lalu. Namun, sempat ditentang karena kesepakatan itu diduga merupakan upaya otoritas Arab Saudi untuk 'cuci tangan' atas rekor hak asasi manusia.

Newcastle Ngamuk, Tottenham Hancur dan Terkubur di St James Park

Pihak Premier League pun menyatakan, telah menerima "jaminan yang mengikat secara hukum" bahwa pemerintah Arab Saudi tidak akan mengendalikan klub.

Momen Pemain Muslim Everton Bukber saat Duel Lawan Newcastle United

"Newcastle United FC dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media," bunyi pernyataan Premier League.

"Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur Liga Primer, klub telah dijual ke konsorsium dengan segera," sambung pernyataan itu.

PIF bertekad menyulap Newcastle menjadi tim papan atas Premier League. PIF sebelumnya menegaskan kalau dana untuk membeli saham The Magpies bukanlah memakai uang kas negara Arab Saudi.

"Kami sangat bangga menjadi pemilik baru Newcastle United, salah satu klub paling terkenal di sepakbola Inggris," kata Yasir Al-Rumayyan, Ketua Non-Eksekutif Newcastle.

"Kami berterima kasih kepada para penggemar Newcastle atas dukungan setia mereka selama bertahun-tahun dan kami senang bekerja sama dengan mereka," sambungnya.

Berakhirnya era Ashley dan masuknya Public Investment Fund pimpinan Pangeran Muhammad bin Salman disambut suka cita para penggemar Newcastle. 

Bahkan, Legenda Newcastle dan Timnas Inggris Alan Shearer mentweet: "Yessssssss. Kami berani berharap lagi 

Di sisi lain, Mohammed bin Salman Putra Mahkota Arab Saudi sejak Juni 2017 dan juga merupakan wakil perdana menteri negara tersebut, Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan, Ketua Dewan Urusan Politik dan Keamanan, dan Menteri Pertahanan.

Mohammed bin Salman diperkirakan memiliki kekayaan pribadi sekitar £13 miliar ($ 17,6 miliar), yang akan menempatkannya tepat di belakang bos besar Manchester City Sheikh Mansour dalam daftar pemilik terkaya klub Premier League


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya