Kaleidoskop 2021: ManCity Juara Premier League, Ronaldo Pulang ke MU

Manchester City juara Premier League 2020/21.
Sumber :
  • twitter.com/premierleague

VIVA – Sejumlah kejadian menarik mewarnai sepakbola Inggris sepanjang 2021. Dari mulai Manchester City menjuarai Premier League hingga Cristiano Ronaldo yang kembali ke pelukan mantan, Manchester United.

Newcastle Ngamuk, Tottenham Hancur dan Terkubur di St James Park

Ada juga berita mengenai Newcastle United yang menjadi klub kaya baru. Mereka dibeli oleh Pangeran Arab Saudi.

Langsung saja, berikut 3 kejadian heboh di sepakbola Inggris sepanjang 2021 yang dirangkum dalam kaleidoskop 2021:

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

1. Manchester City Juara Premier League
Manchester City sukses menjuarai Premier League 2020/21. The Citizens menjadi juara saat liga tersisa tiga pertandingan. Pesaing utama Manchester United terjungkal saat melawan Leicester City, 12 Mei 2021. Menyisakan tiga pertandingan dengan jarak 10 poin dari The Citizens, mustahil 'Setan Merah' mengangkangi sang rival.

Bagi ManCity, ini adalah titel ketiga dalam empat tahun terakhir. Pencapaian yang dianggap manajer Pep Guardiola sungguh luar biasa sebab dilakukan dalam kondisi amat sulit.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Photo :
  • Squawka

Bahkan Guardiola menyebut ini adalah gelar juara terberat baginya. Ya, apalagi kalau bukan karena dilakukan di situasi tidak normal akibat pandemi COVID-19.

"Ini adalah musim dan gelar Premier League yang sangat jauh berbeda. Ini merupakan yang terberat," kata Guardiola dilansir situs resmi ManCity, 12 Mei 2021.

"Kami akan mengenang ini atas cara memenangkannya. Saya bangga sebagai manajer. Dengan segala kesulitan, kami bisa konsisten," sambungnya dikutip Goal.

Sebagai gambaran, di masa pandemi ini tim memang melakukan hal yang jauh berbeda dari sebelumnya. Mereka dihadapkan dengan jadwal yang sangat ketat.

Mereka juga harus mengikuti protokol kesehatan sebelum, ketika, dan usai pertandingan. Belum lagi kondisi tim yang kadang labil akibat dihantam COVID-19.

Sementara manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer memberikan ucapan selamat kepada ManCity. Dalam kesempatan itu dia juga membahas soal kedalaman skuad. Hal yang dianggap menjadi salah satu kunci sukses dari sang lawan meraih gelar musim ini sekaligus lolos ke final Liga Champions.

"Kita tahu, kalau mau bersaing dengan mereka, maka kami harus menguatkan skuad. Saya pun mengucapkan selamat kepada ManCity karena menjalani musim yang luar biasa," kata Solskjaer.

"Saya sejauh ini sangat senang dengan tim, karena masih bisa terus berjuang memburu ManCity di 10 hari sisa, mengingat mereka adalah yang terbaik di Eropa sekarang. Namun kami mau melanjutkan langkah, karena itu MU butuh skuad yang kuat musim depan," sambungnya.

Sebelumnya, ManCity juga sukses menjuarai Piala Liga Inggris. Mereka menang tipis 1-0 atas Tottenham Hotspur dalam laga final di Wembley Stadium, 25 April 2021.

ManCity sebenarnya berpeluang menambah gelar di Eropa. Namun, The Citizens harus puas menjadi runner up usai kalah 0-1 dari sesama tim Inggris Chelsea dalam laga final di Estadio Do Dragao, 29 Mei 2021.

2. Cristiano Ronaldo Kembali ke Pelukan Mantan
Berita menghebohkan lainnya di 2021 adalah soal transfer Cristiano Ronaldo. Ronaldo memutuskan meninggalkan Juventus dan santer dihubungkan dengan Manchester City.

Siapa sangka, Manchester United justru mampu menikung ManCity. Ronaldo batal bergabung dengan ManCity dan malah bergabung dengan klub lamanya. Megabintang asal Portugal itu ditebus dengan harga 15 Juta Euro atau setara Rp 253 miliar, dan diikat kontrak berdurasi dua tahun hingga 2023. 

Bagi Ronaldo, ini adalah kesempatan keduanya menjadi penggawa Setan Merah. Sebelumnya dia telah mencatatkan capaian yang luar biasa untuk MU pada periode 2003-2009. Setelah 12 tahun berlalu, situasinya tentu sudah tidak sama lagi. Kini, MU ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer yang dulu adalah rekannya di lapangan.

Ronaldo menyebut telah berbicara dengan manajer sekaligus rekannya itu. Meski memiliki hubungan yang erat sebagai teman, Ronaldo mengakui menaruh hormat pada Solskjaer.

"Yah, kami sudah mengobrol, tetapi tentu saja saya akan punya waktu untuk berbicara dengannya secara langsung, untuk mengetahui apa yang dia harapkan," kata Ronaldo dalam situs resmi klub, 1 September 2021.

"Seperti yang Anda ketahui, saya bermain dengannya selama dua atau tiga tahun di MU, jadi saya memiliki hubungan yang baik dengannya. tetapi sekarang dengan peran yang berbeda, saya adalah seorang pemain dan dia adalah seorang pelatih," sambungnya.

Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire merayakan gol

Photo :
  • Manchester United

Ronaldo berambisi untuk membantu MU memenangkan banyak gelar. Dia juga percaya dengan kualitas sang manajer. Oleh karena itu, Ronaldo berjanji akan siap dengan apa pun yang diinstruksikan Solskjaer kepadanya.

"Hubungan saya dengan dia bagus dan seperti yang saya katakan sebelumnya, saya ada di Manchester untuk membantu tim mencapai hasil. Dan pelatih dapat mengandalkan saya untuk apa pun yang dia inginkan. Jadi saya siap untuk semuanya," jelas Ronaldo

Pada episode pertama pengabdiannya untuk MU, Ronaldo mencatatkan 292 penampilan. Pemain 36 tahun itu mengemas 118 gol dan 69 assist.

Ronaldo turut membantu MU meraih banyak titel juara, total 10 gelar. Termasuk tiga kali juara Premier League dan sekali memenangi Liga Champions.

3. Newcastle United Dibeli Pangeran Arab
Newcastle United resmi menjadi klub terkaya di dunia setelah Saudi Public Investment Fund (PIF) mengakhiri 14 tahun kepemilikan Mike Ashley dengan membeli klub Premier League tersebut.

PIF pun mengubah Newcastle menjadi klub terkuat secara finansial di Inggris, karena memiliki kekayaan dana 320 miliar euro, atau hampir 11 kali lebih banyak daripada pemilik Manchester City, Sheikh Mansour.

Dilansir Marca, Jumat 8 Oktober 2021, Yasir Al-Rumayyan akan menjadi presiden klub. Di sisi lain, pengambilalihan ini mendapat dukungan penuh dari fans Newcastle United, yang turun ke jalan untuk merayakan kepergian Ashley.

Setahun yang lalu, Premier League tidak menyetujui pembelian Newcastle oleh PIF karena perselisihan antara Arab Saudi dan beIN Sports, yang memiliki hak siar TV untuk kompetisi di negara tersebut.

Suporter Newcastle United kenakan pakaian traadional Arab

Photo :
  • sueddeutsche.de

Pasalnya, beIN Sports mengklaim bahwa negara tersebut berada di belakang siaran bajakan yang secara ilegal mentransmisikan pertandingan selama bertahun-tahun.

Namun, Premier League mendapat jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Arab Saudi tidak akan terlibat dalam pengelolaan klub dan memberi lampu hijau untuk pengambilalihan itu terjadi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya