Mourinho Bukanlah Saingan Terberat Ferguson

Jose Mourinho (kiri) & Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • bbc

VIVAnews - Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson mengakui kecerdasan pelatih Inter Milan, Jose Mourinho. Namun Fergie menolak menjadikan pelatih asal Portugal itu sebagai rival terberatnya selama ini.

Kepada sebuah harian Prancis,  L'Equipe, Fergie mengatakan Mourinho adalah pelatih yang cerdas. The Special One juga mampu membawa pengaruh yang besar kepada para pemainnya.

"Saat Chelsea bersama Mourinho berhasil merebut dua gelar, saya terpaksa merubah persiapan kami agar lebih kompetitif untuk musim berikutnya," kata Fergie, Minggu, 23 Mei 2010.

Persaingan Mourinho dan Fergie terjadi saat keduanya sama-sama berkiprah di Liga Inggris. Fergie bersama MU dan Mourinho bersama Chelsea.

Saat masih menangai Chelsea, Mourinho mampu menggondol dua gelar Premier League 2004/2005 dan 2005/2006. The Blues juga dibawanya merebut Piala FA 2006/2007 dan Piala Liga 2004/2005 dan 2006/2007.

Karir Mourinho di Liga Italia tak kalah cemerlangnya. Mantan pelatih Porto itu baru saja mempersembahkan gelar Liga Champions kepada Inter Milan dengan mengalahkan Bayer Munich 2-0 di final, Minggu (23/5).

 Ini merupakan gelar ketiga setelah Copa Italia dan Liga Italia yang dipersembahkannya kepada Nerazzurri musim ini.

Meski demikian, Fergie tidak menganggap Mourinho sebagai rival terberatnya selama di Liga Inggris. Pelatih asal Skotlandia itu justru menempatkan posisi tersebut pada mantan pelatih Arsenal, George Graham dan penerusnya Arsene Wenger.

"Mourinho bukanlah saingan terberat yang pernah saya miliki selama menangani MU. Dia hanya tiga tahun berada di Inggris," kata Fergie.

"(Arsene) Wenger dan (George) Graham dari waktu ke waktu adalah rival terberat saya.  Tiga atau empat tahun yang lalu, persaingan MU dan Arsenal sangat panas," tambahnya.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Graham membawa Arsenal mencapai masa kejayaannya pada 1989 dan 1991. Sedangkan Wenger mempersembahkan gelar ganda pada 1998 dan 2002. Bersama Wenger, The Gunners juga mencetak rekor  tak terkalahkan pada Liga Inggris 2004.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024