Kasihan, Pemain Ini Dinilai Overweight oleh Pep Guardiola usai Piala Dunia

Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Sumber :
  • Liselotte Sabroe/Ritzau Scanpix via AP

VIVA Bola – Sejumlah pemain Inggris di Manchester City sudah kembali bermain bersama klub usai Piala Dunia 2022. Bahkan nama mereka masuk sebagai skuad ketika ManCity menggilas Liverpool 3-2 di Piala Liga Inggris pada 23 Desember 2022.

Shin Tae-yong Diisukan Jadi Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan

Kyle Walker, John Stones, Jack Grealish, dan Phil Foden semua masuk sebagai pemain pengganti. Namun ada satu nama yang tidak ditinggalkan yakni Kalvin Phillips

Awalnya publik berasumsi bahwa ketidakhadirannya melawan Liverpool terkait dengan cedera – mengingat dirinya harus berjuang untuk sembuh agar bisa ikut ke Qatar. Namun pelatih The Citizens, Pep Guardiola mengonfirmasi bahwa bukan itu alasannya.

Erick Thohir Ambisi Jadikan ASEAN Cup U-16 2024 Tumpuan Lolos Piala Dunia U-17 2025

Kalvin Phillips

Photo :
  • instagram @kalvinphillips

Meskipun awalnya Guardiola mengklaim Phillips tidak fit dalam konferensi pers, ia akhirnya memberikan kabar yang sebenarnya. Menurut Guardiola, Phillips kembali ke Inggris dalam kondisi overweight alias kelebihan berat badan. 

Harry Kane Beber Kekurangan Inggris saat Imbang Lawan Denmark

“Dia tidak cedera, dia kembali dengan kelebihan berat badan. Saya tidak tahu (kenapa Phillips kelebihan berat badan). Dia kembali dengan kondisi yang baik untuk latihan dan bermain,” ungkap Guardiola seperti yang dikutip dari Metro.

“Itu sebabnya dia tidak bisa bermain. Ketika dia siap, dia akan bermain. Kami sangat membutuhkannya,” sambung pelatih asal Spanyol ini. 

Sejauh ini Phillips hanya bermain 53 menit untuk Manchester City sejak pindah dari Leeds di bursa transfer musim panas tahun 2022. Secara keseluruhan, ia hanya bermain empat kali sejak kepindahannya ke Etihad Stadium.

Sedikitnya waktu bermain Phillips disebabkan karena ia harus berjuang dengan cedera bahu. Bahkan ia sempat terancam tak dibawa ke Qatar.

Selama Piala Dunia, pemain gelandang bertahan ini cuma berlaga 40 menit sebagai pemain pengganti ketika menghadapi Wales dan Senegal.  

Di kesempatan lain menjelang Piala Dunia, Phillips mengaku ingin lebih banyak menit bersama ManCity. 

“Saya harus terus bekerja keras dan memastikan saya menjadi lebih bugar selama berminggu-minggu latihan, dan ketika saya datang dan mencoba membuat dampak, saya akan sekuat mungkin untuk membantu klub,” tutur Phillips. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya