Kalah Terus, Chelsea Tetap Bisa Pecahkan Rekor

Pemain Chelsea merayakan gol
Sumber :
  • Twitter Chelsea

VIVA Bola – Chelsea harus kembali menelan pil pahit usai ditekuk 0-4 oleh Manchester City di Piala FA pada 8 Januari 2023. Kekalahan tersebut menambah catatan buruk The Blues musim ini. Bagaimana tidak, dari delapan pertandingan terakhir, mereka hanya mampu meraih satu kemenangan. 

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Bahkan anak asuhan Graham Potter ini sempat mencetak rekor baru. Sayangnya dalam sisi negatif. Dilansir dari Daily Mail, statistik expected goals alias peluang gol (xG) mereka hanya berada di angka 0,09 – terendah dari peluang gol mereka selama lima musim. Sementara Manchester City mampu meraih 2,82. 

Peluang gol dihitung berdasarkan sejumlah faktor termasuk jenis assist, apakah tembakan diambil dengan kepala atau kaki, sudut dan jarak tembakan, serta apakah itu peluang besar. 

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Duel Chelsea vs Manchester City

Photo :
  • Twitter: Chelsea FC

Alan Shearer selaku pundit melemparkan penilaian pedas terhadap kinerja babak pertama Chelsea melawan Manchester City. 

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

“Dari sudut pandang Chelsea, penampilan seperti itu tidak bisa diterima. Mereka membutuhkan energi, karakter, semua hal itu,” kata mantan pemain Newcastle United ini. 

Dari segi ketersediaan skuad, Chelsea memang sedang dilanda krisis pemain lantaran banyak yang cedera. Mereka antara lain N’Golo Kante, Ben Chilwell, Reece James, serta Raheem Sterling. Namun Shearer tak mau kondisi tersebut menjadi alasan mereka bermain payah. 

“Saya tidak peduli berapa banyak cedera yang Anda alami di tim Anda. Anda masih bisa melakukan perubahan. Tapi mereka tidak melakukannya dan itu memalukan dari sudut pandang mereka,” tutur Shearer.

Ia melanjutkan, “ini sangat buruk. Mereka begitu menyedihkan di posisi depan. Mana pergerakannya? Mereka tidak punya apa-apa di lini depan sama sekali. Semuanya menyamping atau bahkan mundur.”

Lini gedor Chelsea terbukti tumpul lantaran mereka hanya mampu melesatkan tiga tembakan dan satu on target. Di sisi lain The Citizens berhasil melontarkan sembilan tembakan dengan tujuh on target. 

Kedua klub telah melakukan sejumlah rotasi pemain – dengan Chelsea memberikan kesempatan kepada bek muda Bashir Humphreys sebagai salah satu dari enam wajah baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya