Pengakuan Mikel Arteta, Tiru Taktik Pep Guardiola

Manajer Arsenal, Mikel Arteta
Sumber :
  • Twitter

VIVA Bola – Arsenal masih menjadi pemuncak klasemen Premier League 2022/2023. Memainkan 28 pertandingan, skuad asuhan Mikel Arteta membukukan 69 poin. Mereka unggul delapan poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua.

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Bedanya, ManCity baru memainkan 27 pertandingan. Situasi ini membuat Arsenal tidak boleh tergelincir agar jalan mereka menuju gelar juara Premier League tetap mulus.

Keberhasilan Arsenal memuncaki klasemen ini mendapat apresiasi. Arteta yang paling disorot, karena mampu membuat skuad muda The Gunners tampil solid.

Bom Transfer Arsenal! Arteta Siap Rekrut Bintang Chelsea Idamannya

Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Photo :
  • AP Photo/Ian Walton

Arteta tak memungkiri jika dirinya meniru taktik Pep Guardiola. Karena sebelum menjadi manajer Arsenal, dia lebih dulu menjadi asisten di ManCity.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Yang ditiru oleh Arteta adalah cara mengeplot Oleksandr Zinchenko. Pemain yang musim ini dibeli Arsenal dari ManCity.

Peran Zinchenko ini amat menarik. Karena dia yang berposisi sebagai bek sayap kiri, lebih sering diminta membantu agak ke tengah, sebagai gelandang bertahan.

Mikel Arteta memimpin Arsenal saat melawan Villarreal

Photo :
  • twitter.com/arsenal

Ternyata gaya bermain ini sudah dikenal Arteta ketika masih bermain untuk Barcelona B. Itulah yang kemudian diaplikasikan oleh Guardiola, dan kini diterapkan juga oleh Arteta.

"Itu dimulai ketika saya masih di Barcelona. Kami biasa memainkan pola berlian 3-4-3 dan salahs atu bek sayap biasa bermain di sana," kata Arteta, dikutip dari Tribal Football.

Arteta tak sungkan mengakui meniru Guardiola. Karena menurut dia itu adalah hal yang baik untuk berkembang sebagai juru taktik.

"Itu adalah hal yang hebat. Anda dapat mengambil semua waktu dari olahraga lain, pelatih lain, untuk menjadikan diri Anda lebih baik dan rasa ingin tahu diperlukan untuk berkembang menjadi lebih baik," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya