Deretan Kontroversi Newcastle Vs Arsenal

Newcastle United vs Arsenal
Sumber :
  • Owen Humphreys/PA via AP

Inggris – Newcastle vs Arsenal dalam pertandingan pekan ke-11 Premier League di St James Park, Minggu dini hari WIB 5 November 2023 berlangsung sengit. Tuan rumah Newcastle United keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Newcastle United mencetak gol kemenangan ketika pertandingan memasuki menit 64 melalui Anthony Gordon. Namun ada beberapa perdebatan mengenai gol tersebut karena dinilai kontroversial.

Sebelum gol tersebut disahkan oleh wasit, sempat ada beberapa momen yang dipantau melalui video assistant referee (VAR). Momen-momen tersebut yang kemudian ramai diperdebatkan.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Newcastle United vs Arsenal

Photo :
  • Owen Humphreys/PA via AP

Momen pertama adalah soal bola sudah meninggalkan lapangan sebelum dikirim menjadi umpan. Di media sosial bertebaran foto jika bola sudah melewati garis.

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

Momen selanjutnya yang dipantau melalui VAR adalah pelanggaran yang dilakukan Joelinton kepada Gabriel Magalhaes sebelum gol tercipta. Dari video yang ramai beredar, bek Arsenal terjatuh karena ada gerakan tangan mendorong dari belakang.

Momen ketiga yang turut dipantau melalui VAR adalah posisi Gordon apakah offside atau tidak. Setelah melakukan pemantauan ke tiga momen tersebut, wasit kemudian menganggap gol sah.

Di luar momen gol, ada juga beberapa insiden yang kini jadi perdebatan di media sosial. Para penggemar Arsenal mengecam tindakan pemain Newcastle, Bruno Guimares.

Ada tayangan video yang memperlihatkan dia sengaja mengarahkan tangan ke kepala Jorginho dari belakang. Momen tersebut harusnya dipantau lagi melalui VAR, tapi tidak dilakukan.

Para penggemar Arsenal beranggapan jika wasit melihat hal tersebut dan menganggap pelanggaran, kartu merah layak diberikan kepada Guimares.

Pendukung Newcastle juga bukannya tak punya keluhan. Mereka mengkritik wasit yang cuma memberi kartu kuning kepada Kai Havertz. Pelanggarannya terhadap Sean Longstaff dianggap sangat berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya