Ferguson: Van Der Sar Sang Kiper Fantastis

Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • AP Photo/Claudio Cruz

VIVAnews - Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson memuji kiper Edwin Van der Sar yang telah memberi kontribusi besar bagi tim sejak bergabung pada 2005.

Kemenpan-RB Tolak Usul Seleksi CASN 2024 Ditunda, Ombudsman Bilang Begini

Setelah meraih sukses besar dan karirnya kembali ke puncak, Van der Sar mengumumkan akan pensiun dari sepakbola pada Mei atau setelah berakhirnya kompetisi.

"Dia kiper yang fantastis. Dia sosok yang luar biasa dan kiper yang profesional. Karirnya sungguh mencengangkan," puji Ferguson.

Menurutnya, Van der Sar mengarungi hidupnya tanpa mengalami banyak perubahan. "Dia tak pernah berubah. Dia selalu konsisten. Dia sulit digeser," lanjutnya.

Ferguson juga terkesan dengan kepribadian mantan kiper timnas Belanda ini yang tidak suka dengan publikasi media, dan Van der Sar sudah cukup bahagia dengan hidup yang dicapainya seperti sekarang ini. "Artinya, dia bukanlah sosok yang ambisius dan seorang yang baik," kata Ferguson lagi.

Itu terbukti ketika United memberikan tawaran untuk menjadikannya sebagai pelatih kiper, tapi Van der Sar menolaknya. Ia memiliki alasan utama memilih pensiun, lantaran keluarga. Istrinya juga sedang berjuang untuk pulih dari stroke.

"Meskipun mereka (keluarga) tidak pernah mengeluh, tapi selama ini saya yang selalu menjadi pusat perhatian," terang Van der Sar.
 
Karena itu, Ia tidak bisa dengan cepat memulai karirnya sebagai pelatih setelah pensiun. "Saya tidak bisa berharap memulai karir sebagai pelatih dengan cepat," katanya.

"Saat ini saya akan menghabiskan waktu selama 18 bulan atau dua tahun untuk menyendiri, karena saya punya keluarga yang juga ingin bersenang-senang," jelas Van Der Sar.

Karir Van der Sar sempat nyaris tenggelam saat dilepas Juventus dan kemudian bergabung dengan Fulham. Namun, kiper berusia 40 ini kembali bersinar saat direkrut United.

Van der Sar setidaknya mampu mengatasi krisis kiper setelah ditinggalkan Peter Schmeichel. Dia juga turut mengantarkan United meraih titel Liga Champions pada 2008 dan sejumlah titel juara lainnya termasuk Liga Primer Inggris (Goal/The Sun)

Megawati Hangestri Pertiwi

Megawati Resmi Perpanjang Kontrak dengan Red Sparks, Ternyata Segini Kenaikan Gajinya di Musim Depan

Pemain voli putri Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi secara resmi memperpanjang kontraknya dengan Red Sparks untuk musim mendatang.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024