Saran Hiddink Kepada Villas-Boas di Chelsea

Andre Villas-Boas
Sumber :
  • AP Photo/Tom Hevezi

VIVAnews - Mantan pelatih Chelsea, Gus Hiddink menilai Andre Villas Boas masih terlalu belia untuk menangani The Blues. Villas-Boas saat ini berusia 33 tahun, atau selisih beberapa bulan dengan para punggawa The Blues seperti Jhon Terry, Frank Lampard dan Didier Drogba.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Namun Hiddink menilai Villas-Boas tetap pantasĀ  diberi kesempatan menunjukkan kualitasnya bersama Chelsea. "(Boas) masih sangat muda untuk melatih Chelsea. Liga Inggris kondisinya berbeda dengan Liga Portugal, tetapi orang muda harus diberi kesempatan. Ia juga telah membuktikan saat di Porto bahwa ia pelatih bagus," ujar Hiddink seperti dikutip dari Tribal Football.

Apakah Boas dapat menikmati dan menjalin hubungan yang baik dengan para pemain yang usianya nyaris sama dengannya? "Itu tergantung kualitas memimpin yang dimiliki Boas. Usia yang sama tidak harus berarti para pemain menganggap Boas sebagai saudara. Jika para pemain merasa dia sangat mudah dan memiliki integritas yang baik, dia (Boas) akan baik-baik saja," ujarnya.

Menurut Hiddink kunci sukses menangani Chelsea yakni pelatih harus mampu "mengambil hati" pemain senior Chelsea. Karena merekalah yang menentukan keharmonisan situasi kamar ganti. "Di sejumlah klub besar, pasti memiliki beberapa pemain yang berpengaruh seperti Terry dan Lampard yang mendapat penghormatan yang baik dari klub," ujarnya.

"Pemain profesional Inggris seperti Terry dan Lampard tahu apa yang dituntut dalam kompetisi di Inggris. Dan mereka tahu standard apa yang dibutuhkan di Chelsea. Merekalah yang memegang kendali," lanjut pria asal Belanda ini.

"Skuad Chelsea telah bersama-sama dalam waktu yang lama dengan beberapa penambahan pemain baru. Mereka memiliki kebanggaan sebagai sebuah kesatuan, dan Villas-Boas dituntut harus dapat mengatur mereka," pungkas Hiddink. (umi)

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Setelah penetapan KPU, Prabowo selaku Presiden terpiih mendatangi markas PKB untuk menemui Cak Imin. Elite pendukung Prabowo pun ikut merespons.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024