4 Fakta Menarik Duel Liverpool Kontra MU

Luis Nani, Anderson, Wayne Rooney dan Javier Hernandez
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAnews - Liverpool akan melakoni laga penting saat menjamu Manchester United dalam laga lanjutan Premier League di Stadion Anfield, Sabtu, 15 Oktober 2011. Duel kedua tim elit ini akan menarik mengingat sejarah panjang rivalitas keduanya di kompetisi tertinggi negeri Ratu Elizabeth.

Ya, rivalitas keduanya yang telah berlangung selama seabad lebih dan selalu menyisakan berbagai fakta menarik. Nah, berikut 4 fakta menarik Liverpool vs Manchester United yang berhasil dirangkai BleacherReports:

1. Liverpool Bantai MU Di Pertemuan Pertama
Dalam pertandingan pertama keduanya pada 12 Oktober 1895, Liverpool berhasil mencukur Manchester United (masih bernama Newton Heath) dengan skor telak, 7-1 di Stadion Anfield. Gol kemenangan The Reds saat itu dicetak masing-masing dua gol oleh Thomas Bradshaw, Frank Becton, Fred Geary dan tambahan satu gol dari Jimmy Ross. Sedangkan gol hiburan MU dicetak oleh Joe Cassidy.

2. MU Balik Bantai Liverpool
Tidak butuh lama bagi MU membalas kekalahan memalukan dari The Reds. Di pertemuan kedua tim pada 2 November 1895, MU berhasil menaklukkan The Reds, 5-2 di kandang MU yang saat itu masih bernama Stadion Bank Street. Gol kemenangan MU dilesakkan oleh James Peters yang menciptakan hattrick serta dua gol oleh John Clarkin dan Dick Smith. Laga ini sendiri menjadi momentum rivalitas panjang kedua tim di kompetisi negeri Ratu Elizabeth.

3. Pelatih Legendaris MU Adalah pemain The Reds
Sir Matt Busby adalah salah satu sosok yang paling berpengaruh dalam sejarah Manchester United. Matt Busby adalah salah satu pelatih tersukses yang dimiliki The Red Devils. Melatih selama 16 tahun (1945-1971), Matt Busby membawa MU ke puncak kejayaan dengan meraih berbagai gelar. 5 gelar divisi utama yang saat itu masih bernama Divisi Satu, 2 Piala FA, 5 Piala Charity Shield FA serta satu gelar Piala Eropa.

Namun, siapa sangka, Matt Busby menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pemain di dua klub saingan MU, Manchester City dan Liverpool. Pria asal Skotlandia tersebut membela Liverpool selama 3 tahun dengan membukukan 115 penampilan dan koleksi 5 gol.

Sir Matt Busby sebenarnya memiliki kesempatan melanjutkan karir sebagai asisten pelatih di Liverpool. Namun saat itu, ia lebih memilih hijrah ke MU karena di sana memungkinkan dirinya untuk mengontrol penuh skuad tim.

4. Rata-Rata 3 Gol Di Setiap Laga
Rata-rata, tiga gol yang berhasil dicetak setiap kali Manchester United dan Liverpool bertemu. Secara keseluruhan, Manchester United telah mencetak 252 gol saat menghadapi Liverpool. Sedangkan Liverpool telah melesakkan 235 gol ke jala gawang Manchester United.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016