- REUTERS/Darren Staples
VIVAnews - Markas Newcastle United kini tak lagi bernama St. James’ Park. Klub yang dijuluki The Army Toons ini baru saja mengumumkan pergantian nama stadion mereka menjadi Sports Direct Arena.
Pergantian nama stadion dilakukan klub milik Mike Ashley ini dalam rangka menggencarkan usaha mencari sponsor, yang telah mereka lakukan sejak Oktober 2009 lalu.
“Tujuan kami untuk Newcastle United adalah melanjutkan kesuksesan untuk fans dan semua orang yang berhubungan dengan klub ini. Kami harus membuat klub ini mandiri secara finansial demi mencapai kesuksesan itu,” ujar Direktur Manajemen Newcastle, Derek Llambias, seperti dilansir ESPN, Kamis 10 November 2011.
“Pergantian nama stadion menawarkan cara yang menguntungkan bagi klub untuk mengamankan pendapatan tambahan yang signifikan. Saat kami meluncurkan rencana kami di akhir 2009, kami mengundang sponsor untuk melampirkan merek mereka di St. James’ Park,” paparnya.
Ditambahkan Llambias, pemilihan nama Sports Direct Arena memiliki tujuan tersendiri terkait dengan usaha menggaet sponsor baru. Terlebih, kerja sama dengan Northern Rock, sponsor yang tertera di jersey tim besutan Alan Pardew itu akan berakhir di penghujung musim 2011-12.
“Penamaan Stadion Sports Direct Arena membantu kami menunjukkan kesempatan untuk menggaet ketertarikan berbagai pihak. Saat ini, kami gencar mencari sponsor jangka panjang yang ingin memperoleh hak penuh dalam penamaan stadion,” imbuh Llambias.
Tujuan Newcastle yang dipaparkan Llambias tersebut mengacu pada nama stadion dua klub raksasa Premier League, yang sesuai dengan sponsor utama mereka. Kedua klub itu tak lain, Arsenal yang bermarkas di Emirates Stadium, serta Etihad Stadium milik Manchester City.