Chelsea Bungkam 10 Pemain ManCity

David Silva dihadang Bosingwa (kiri) dan Ramires
Sumber :
  • REUTERS/Stefan Wermuth

VIVAnews - Chelsea sukses mengamankan kemenangan 2-1 atas Manchester City pada laga lanjutan Premier League di Stamford Bridge, Selasa 13 Desember 2011 dini hari WIB. Sempat tertinggal lantaran gol cepat ManCity di babak pertama, Chelsea sukses membungkam tamunya yang harus berlaga dengan 10 pemain sejak menit 58.

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Menjamu ManCity, pelatih Chelsea Andre Villas-Boas mengandalkan trio Juan Mata, Didier Drogba dan Daniel Sturridge di lini depan. Sementara itu, Mancini mempercayakan Mario Balotelli dan Sergio Aguero sebagai ujung tombak serangan ManCity.

Sesaat setelah kickoff, 'duet maut' The Citizens langsung beraksi dan sukses mengejutkan John Terry dan kawan-kawan. Tercatat saat laga baru memasuki menit ke-2, Balotelli dengan tenang menggetarkan gawang The Blues yang dikawal Petr Cech, setelah meneruskan umpan matang Aguero. ManCity sementara unggul 1-0.

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Keunggulan ManCity berlangsung cukup lama. Setidaknya hingga memasuki menit 34, Chelsea baru berhasil memecah kebuntuan berkat gol Raul Meireles. Dari sisi kiri gawang Chelsea, Sturridge dengan cerdik mengirimkan umpan terukur ke depan gawang yang langsung disambar tendangan Meireles.

ManCity sempat mendapat peluang di waktu tambahan melalui Aguero, namun usaha bomber asal Argentina itu masih meleset. Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Awal babak kedua, tempo permainan langsung meninggi. Bek ManCity, Gael Clichy tertangkap melanggar Sturridge dan wasit Mark Clattenburg mengganjarnya dengan kartu kuning.

Bek asal Prancis itu pun kembali 'berulah', saat memasuki menit 58. Kali ini, ia melakukan tekel keras terhadap Ramires dan wasit kembali mengangkat kartu kuning. Praktis, kartu merah pun menyusul dikeluarkan dan Clichy harus meninggalkan lapangan.

Unggul dalam jumlah pemain, Chelsea memanfaatkan kelengahan lini belakang ManCity, yang harus ekstra ketat menghadang serangan Drogba cs. Alhasil, insiden terjadi di menit 82, ketika Joleon Lescott melakukan handball di kotak terlarang. Wasit memberi Chelsea hadiah penalti dan Frank Lampard sukses menjadi eksekutor. 2-1 Chelsea memimpin.

Dalam keadaan tertinggal, Mancini memutuskan menambah daya gedor serangan dengan memasukkan Edin Dzeko di menit 86, untuk menggantikan Lescott. Sayangnya, usaha pelatih berkebangsaan Italia itu tidak membuahkan hasil.

Hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukan 2-1 tetap untuk kemenangan Chelsea. Ini sekaligus merupakan kekalahan pertama ManCity sepanjang 15 laga Premier League musim ini.

Meski gagal membawa pulang angka dari Stamford Bridge, posisi ManCity (38 poin) urung bergeser dari puncak klasemen sementara Premier League, lantaran masih unggul dua poin dari Manchester United (2). Sedangkan Chelsea, yang semula di peringkat lima, langsung melesat ke posisi tiga dengan torehan 31 poin.

Susunan pemain

Chelsea: Cech, Bosingwa, Ivanovic, Terry, Cole, Ramires, Romeu, Meireles, Sturridge, Drogba, Mata. Subs: Turnbull, Ferreira, Mikel, Lampard, Malouds, Kalou, Torres.

Man City: Hart, Zabaleta, Kompany, Lescott, Clichy, Toure Yaya, Barry, Milner, Silva, Balotelli, Aguero. Subs: Pantilimon, Savic, K Toure, De Jong, Nasri, Johnson, Dzeko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya