FA Pakai Ahli Linguistik untuk Jerat Suarez

Patrice Evra (biru) dengan Luis Suarez
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAnews - Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menggunakan ahli linguistik untuk menentukan hukuman delapan kali larangan bermain striker Liverpool, Luis Suarez. FA juga membeberkan perkataan rasis Suarez terhadap bek Manchester United, Patrice Evra.

Pekan lalu, FA memutuskan untuk menjatuhkan sanksi larangan bermain sebanyak delapan kali dan denda 40 ribu poundsterling (setara Rp565 juta) kepada Suarez. Striker internasional Uruguay tersebut dianggap melakukan ucapan dan tindakan rasis terhadap Evra saat Liverpool menghadapi MU, Oktober 2011 lalu.

Independent Regulatory Commission yang ditunjuk FA untuk mencari bukti-bukti kejadian di lapangan menegaskan Suarez sebanyak tujuh kali telah memanggil Evra dengan 'negro'. Selain itu, menurut The Sun, ahli linguistik digunakan untuk mengetahui perkataan yang diutarakan Suarez kepada Evra.

Dalam laporan setebal 115 halaman Independent Regulatory Commission kepada FA, Suarez mengatakan dalam bahasa Spanyol, "Porque tu eres negro" atau "Karena kamu hitam." Suarez mengatakan itu setelah Evra bertanya mengapa dirinya dilanggar.

Evra kemudian mengancam akan memukul Suarez jika dia mengulangi perkataan rasis. Dan Suarez membalasnya dengan, "No hablo con los negros" atau "Saya tidak ingin bicara dengan orang hitam."

Pertimbangan lain yang digunakan FA untuk menentukan sanksi delapan pertandingan kepada Suarez karena mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut memberikan keterangan yang berubah-ubah. Liverpool punya waktu 14 hari untuk menentukan apakah akan melakukan banding. (one)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016