MU Kalah, Posisi De Gea Terancam Lindegaard

Kiper Manchester United, David de Gea
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAnews - Dua laga istirahat, David De Gea, kebobolan tiga gol saat diturunkan kembali Manchester United melawan Blackburn Rovers. Posisi De Gea pun kembali terancam Anders Lindegaard.

Konsistensi memang menjadi pertanyaan yang selalu dialamatkan kepada kiper anyar MU ini. De Gea kadang tampil brilian dan melakukan penyelamatan-penyelamatan gemilang bagi Setan Merah. Tapi, tak jarang pula kiper asal Spanyol ini melakukan blunder seperti pada laga terakhir melawan Blackburn sehingga MU harus kalah 2-3.

Tiga gol bersarang di gawang MU menunjukkan status debutan dan usia belia 21 tahun De Gea yang masih butuh tambahan banyak jam terbang. De Gea sepertinya belum siap untuk terjun di kompetisi sekeras Premier League. Posisi kiper ceking ini pun terancam, Anders Lindegaard, yang sempat menggantikannya saat MU dua kali beruntun menang telak 5-0 atas Wigan Athletic dan Fulham.

Statistik memang menunjukkan Lindegaard lebih bagus, meski De Gea lebih sering dimainkan dan menghadapi lawan lebih tangguh. Lindegaard hanya kemasukan 1 gol saat 7 kali menjadi starter musim ini.

Itu termasuk catatan gemilang kiper tim nasional Denmark ini yang tak kebobolan dalam lima laga terakhir bersama MU di Premier League. Kiper 27 tahun ini mencatat rata-rata kebobolan 0,14 gol per laga. Manajer MU, Sir Alex Ferguson, memang pernah menyebut Lindegaard lebih berpengalaman karena ini musim keduanya di Old Trafford.

Sedangkan De Gea yang ditransfer lima kali dari harga Lindegaard £3,5 juta, telah kebobolan 26 gol dari 19 laga di semua kompetisi. Rata-rata De Gea kebobolan 1,37 gol per laga.

De Gea dianggap punya titik lemah di kuda-kuda ataupun pergerakan kaki (footwork) sehingga sering kebobolan lewat tendangan-tendangan lemah. Ia juga kurang bagus saat mengantisipasi bola-bola silang.

De Gea yang kurus juga kurang meyakinkan untuk bertarung di Premier League yang banyak mengandalkan fisik. Untuk soal ini pelatih kiper MU, Eric Steele pernah menyarankan agar De Gea menambah berat badan.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Gol ketiga Blackburn diawali terjatuhnya De Gea di dalam kotak penalti setelah berbenturan dengan pemain Blackburn. Meski sebenarnya benturan itu layak dijatuhi pelanggaran oleh wasit karena terjadi di kotak kiper. “Gol ketiga itu membunuh kami. Itu buah pertahanan yang buruk dan kami tak boleh mengulanginya lagi," kata manajer MU, Sir Alex Ferguson, kepada Express.

Sir Alex kembali akan memanggil Lindegaard dalam lawatan Setan merah ke kandang Newcastle United, Rabu 4 Januari 2012. Dan tampaknya, De Gea boleh memperpanjang liburan Tahun Baru di bangku cadangan MU.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016