Detik-detik Transfer Van Persie ke MU

Robin van Persie
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVAbola - Kepindahan Robin van Persie ke Manchester United semakin mendekati kenyataan. Pihak MU memastikan telah mencapai kesepakatan dengan Arsenal untuk transfer striker internasional Belanda itu.

Rumor kepindahan Van Persie ke MU semakin gencar dalam beberapa hari terakhir. Bahkan manajer MU, Sir Alex Ferguson, harus absen di sejumlah pertandingan ujicoba demi melancarkan kepindahan striker 29 tahun tersebut.

Kini MU memastikan Arsenal sudah setuju untuk melepas Van Persie ke Old Trafford. Melalui situs resmi klub, pihak MU menegaskan Van Persie kini tinggal melakukan tes medis dan melakukan penandatanganan kontrak.

"Manchester United dengan senang mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Arsenal Football Club untuk transfer Robin Van Persie. Sang pemain kini menjadi subjek tes medis dan mencapai kesepakatan pribadi. Pengumuman lebih lanjut akan dibuat dalam waktu dekat," demikian pernyataan resmi MU.

Berikut timeline transfer Van Persie ke MU:

September 2011:  Segalanya dimulai di sini. Van Persie sangat kecewa dengan keputusan Arsenal melepas Cesc Fabregas dan Samir Nasri. Pemain asal Belanda itu pun langsung menunda negosiasi perpanjangan kontrak baru dengan The Gunners.

April 2012: Agen Van Persie mulai melakukan kontak serius dengan Juventus yang sedang mencari striker top.

4 Mei: Manajer Arsenal, Arsene Wenger, bersikeras Van Persie masih memiliki komitmen besar bersama The Gunners dan bakal bertahan.

9 Mei: Direkur Umum Juventus, Beppe Marotta, menyebut bahwa Van Persie akan cocok main di Juve.

12 Mei: Istri dan ibu Van Persie berharap RvP bertahan di Arsenal karena keluarga mereka bahagia tinggal di kota London

14 Mei:
Manchester City mulai meramaikan perburuan Van Persie.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

26 Mei: ManCity berada di pole positions dengan gaji tinggi yang mereka tawarkan.

9 Juni: Direkur Arsenal, Peter Hill-Wood, "mengancam" Van Persie. Jika mantan pemain Feyenoord Rotterdam itu ingin gaji di atas 200 ribu poundsterling per pekan, maka ia harus pindah klub.

4 Juli: Arsenal tersambar petir di siang bolong. Melalui situs pribadinya, Van Persie menegaskan dirinya takkan memperpanjang kontrak di klub London Utara itu.

20 Juli: Sir Alex Ferguson mengonfirmasi klubnya telah melepas tawaran resmi untuk membeli Van Persie.

25 Juli:
Arsenal umumkan nomor skuat mereka untuk musim depan. Van Persie masih tercantum sebagai nomor 10, tapi Lukas Podolski tak dapat nomor. Ini menimbulkan spekulasi kalau Podolski yang akan mewarisi nomor RvP.

5 Agustus: Manajer ManCity, Roberto Mancini, lempar handuk. Ia menegaskan bahwa klubnya mundur dari perburuan Van Persie. Kini tinggal Juve dan MU yang bersaing.

9 Agustus: Arsenal mematok harga 20 juta poundsterling. Namun, untuk MU dan ManCity, mereka meminta harga 25 juta poundsterling karena keduanya adalah kompetitor di Premier League.

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

12 Agustus: Juve mundur dari perburuan Van Persie dan mulai negosiasi dengan striker Athletic Bilbao, Fernando Llorente. Usia striker tim nasional Spanyol itu lebih muda dan harganya juga lebih murah.

13 Agustus:
Sir Alex menemui Wenger secara langsung untuk melakukan negosiasi.

15 Agustus: Arsenal dan MU mengonfirmasi bahwa kesepakatan soal nilai transfer telah dicapai. Van Persie tinggal melakukan tes medis dan tanda tangan kontrak untuk meresmikan kepindahannya ke Old Trafford. (umi)

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016