Fabregas, "Otak" Kedua Chelsea Setelah Mourinho

Pemain Chelsea, Cesc Fabregas
Sumber :
  • Zimbio
VIVA.co.id
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Cesc Fabregas ternyata punya pekerjaan ganda selama berseragam Chelsea. Selain menjadi pemain, Fabregas juga menjadi "manajer bayangan" The Blues.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

Diakui Fabregas, manajer Jose Mourinho selalu menggelar diskusi khusus dengannya jelang pertandingan. Dia meminta Fabregas untuk menyusun skuad impiannya.
Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'


"Tujuannya bukan intervensi. Dia memberi kesempatan saya untuk belajar dan mengasah kemampuan berpikir," ungkap Fabregas seperti dilansir Telegraph.


"Mourinho selalu meminta saya menulis skuad yang saya suka. Dia mau tahu siapa saja pemain yang cocok dengan saya," lanjutnya.


Fabregas mengakui, skuad impiannya tak selalu sama dengan yang akan diturunkan Mourinho. Pasalnya, Mourinho memiliki pertimbangan yang lebih matang dalam menurunkan pemain di setiap laga.


Selain melihat rapor performa anak-anak asuhnya, Mourinho juga meninjau kesiapan fisik mereka. "Setelah diskusi, biasanya saya diberi waktu untuk menganalisa skuad yang diberikan Mourinho. Lalu, saya coba membayangkan apa yang harus saya lakukan," jelas mantan kapten Arsenal ini.


Melalui metode tersebut, performa Fabregas memang meningkat tajam. Musim ini, pemain timnas Spanyol itu sudah mencatatkan 17 assist. Dia juga berpeluang memecahkan rekor assist dua seniornya di Premier League, Thierry Henry (20 assist) dan Frank Lampard (18 assist), dalam semusim.


"Saya cocok dengan cara yang diterapkan Mourinho. Memang, pesepakbola tak bisa langsung nyetel dengan gaya bermain rekan barunya di tim," kata Fabregas. (one)


Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya