Isu Rasialisme Masih Ada di Sepakbola Inggris?

John Barnes
Sumber :
  • liverpoolfc.tv
VIVA.co.id
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Legenda Timnas Inggris dan Liverpool John Barnes, kembali melontarkan pernyataan soal isu rasial di sepakbola Inggris. Selain Barnes, legenda Inggris lainnya Viv Anderson juga melayangkan pernyataan sinis.

Target Winger Muda MU Musim Ini: 2 Trofi dan 10 Gol

Beberapa waktu lalu, Barnes mengatakan bahwa pelatih berkulit hitam di Inggris sangat sulit untuk mendapatkan kesempatan. (Baca beritanya di sini)

Dilansir BBC, dengan nada sedikit meledek, Barnes mengatakan bahwa ia ingin menjadi pelatih Timnas Inggris.

Bintang Muda MU Keluarkan 'Jurus Messi' untuk Kalahkan Barca

"Saya ingin menjadi pelatih Inggris, hanya mimpi yang konyol," ujar Barnes.

Pria 51 tahun ini memang sangat menyoroti soal isu rasial di sepakbola Inggris. Ia menganggap bahwa kesempatan yang didapatkan oleh pelatih kulit hitam tak sebagus pelatih berkulit putih.

"Saya tahu banyak orang yang menyerah. Tapi saya sudah mengorbankan hubungan dan kesempatan kerja untuk mencapai titik ini," kata Barnes.

Senada dengan Barnes, Viv Anderson yang pernah merumput bersama Arsenal dan Manchester United juga menyoroti hal yang sama. Pria 58 tahun ini dengan sinis mengatakan bahwa tak akan ada pelatih Timnas Inggris dari kulit hitam bahkan hingga dirinya tutup usia.

"Saya tak berpikir akan ada kulit hitam yang menjadi pelatih Inggris hingga saya meninggal. Saya tak berpikir untuk itu semua bisa dirubah," kata Anderson.

Selain Barnes dan Anderson, ada pula pernyataan dari pelatih kulit hitam lainnya, Vill Powell. Dengan tegas ia mengatakan akan bersikeras untuk melakukan apapun untuk mendapatkan kesempatan melatih.

"Saya bersikeras, saya akan melakukan apapun untuk mendapat kesempatan itu. Sekalipun saya harus medobraknya terlebih dulu," ujar Powell.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya