Tak Dianggap Kelas Dunia, Ini Respons Ferdinand pada Fergie

manchester united ditahan imbang west ham
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Mantan bek tangguh Manchester United Rio Ferdinand, bersuara untuk merespons komentar Sir Alex Ferguson, tentang para pemain kelas dunia yang pernah ditanganinya selama berada di Old Trafford.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Dilansir dari
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?
Mirror , Kamis, 24 September 2015, Ferguson dalam buku barunya menyebut hanya ada empat pemain kelas dunia, yang pernah dia tangani selama 26 tahun berkarier di Manchester United.


Cristiano Ronaldo, Paul Scholes, Ryan Giggs dan Eric Cantona. Ferguson bahkan memberikan pujian khusus bagi Ronaldo, yang digambarkannya seperti ornamen penting di puncak sebuah pohon Natal.


Walau Ferdinand dan Nemanja Vidic merupakan pasangan bek paling tangguh, dalam sepakbola di akhir 2000-an, tidak ada dari keduanya yang dianggap berkelas dunia oleh Ferguson.


Penilaian itu membuat sang mantan kapten timnas Inggris bereaksi, dengan mengajukan pertanyaan melalui Facebook: "Apa yang harus dimiliki seorang pemain, untuk dianggap berkelas dunia?"


"Sir Alex Ferguson menyebut empat nama selama waktunya di MUFC, sebagai pemain berkelas dunia (dimanakah saya diantara beberapa nama lain bos!!)," tulis Ferdinand di akun Facebook miliknya.


Dia menambahkan, pemain seperti Ronaldo, Pele, Maradona, Cruyff, Messi dan Christiano Ronaldo, jelas merupakan pemain kelas dunia dari era yang berbeda. "Mereka mendominasi permainan, liga, turnamen dengan skill, hasrat dan gol-gol mereka."


"Satu hal yang mereka miliki adalah, tidak peduli dalam situasi apa pun, mereka selalu menemukan cara untuk mencetak gol, membawa tim mereka maju, membuktikan kepantasan mereka dianggap sebagai yang terbaik," ujar Ferdinand.


Ferdinand melanjutkan komentarnya, tentang makna menjadi pemain terbaik, dan menilainya berdasarkan posisi pemain, termasuk seorang bek yang dilihat dari kemampuannya mendominasi semua jenis striker.


"Bisakah seorang bek mendominasi semua jenis striker, dapatkah dia mempeengaruhi pemain lain untuk tampil lebih baik, apakah mereka vokal, seorang pemimpin, memiliki konsistensi, tampil baik di pertandingan besar, bisakah mereka mengoper," katanya.


Dia pun mempertanyakan penilaian pada David Beckham, salah satu pemberi umpan silang terbaik yang pernah ada di dunia sepakbola. "Tapi dribel dan mengalahkan pemain lain bukan bagian darinya, apakah itu membuat dia tersingkir dari perdebatan pemain kelas dunia?"


"Pirlo, seorang pengoper bola fenomenal, diktator pertandingan tapi bukan seorang penekel yang hebat, jadi dia tidak bisa jadi penantang?" ucap Ferdinand, mempertanyakan penilaian Ferguson soal pemain kelas dunia.


Ferdinan menuliskan pendapatnya tentang seorang pemain kelas dunia, yaitu seseorang yang bisa bergabung dengan tim manapun di dunia, dan meningkatkan kualitas tim itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya