15 Nama Masuk Daftar Pengganti Mourinho di Chelsea

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Dikalahkan Fenerbahce, Mourinho Kecewa dengan Permainan MU
- Setelah sembilan kekalahan di Premier League musim ini, Chelsea akhirnya resmi mencopot Jose Mourinho dari kursi pelatih. Sekarang pertanyaannya, siapa pengganti 'The Special One'?

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga
Mourinho dipecat pada hari Kamis setelah sang juara bertahan harus rela terperosok di peringkat 16 klasemen usai 16 pertandingan musim 2015-16. The Blues hanya berjarak dua poin saja dari zona degradasi.

Mourinho Tuntut MU Cepat Beradaptasi dengan Gayanya
Beberapa nama pun mengapung sebagai calon pengganti Mourinho di Stamford Bridge. Berbagai spekulasi pun bermunculan. Jadi tak ada salahnya melihat siapa saja nama yang bisa jadi pelatih Chelsea berikutnya. Ini dia daftarnya yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Guus Hiddink (status: tak memiliki klub)
Calon favorit dari para suporter di Chelsea, setelah sebelumnya Hiddink membawa mereka ke semifinal Liga Champions dan juarai Piala FA pada 2009. Pelatih kawakan asal Belanda ini dijagokan menggantikan Mourinho sampai akhir musim nanti.

2. Juande Ramos (status: tak memiliki klub)
Nama Ramos sudah muncul sebagai kandidat dalam beberapa hari terakhir. Eks pelatih Real Madrid dan Tottenham Hotspur itu, sama seperti Hiddink, bisa dipercaya tangani Chelsea untuk jangka pendek saja.

3. Pep Guardiola (status: pelatih Bayern Munich)

Pep Guardiola acungi jempol pada pemainnya

Roman Abramovich memang diketahui sangat tertarik mendatangkan Guardiola ke Stamford Bridge, namun pelatih asal Spanyol itu memilih Bayern. Idaman Abramovich memiliki permainan yang lebih atraktif membuat nama Guardiola jadi acuan, usai membentuk Barcelona dengan tiki-taka.

4. Diego Simeone (status: pelatih Atletico Madrid)
Chelsea sangat mengenal Simeone dan pria ini memang disebut-sebut calon suksesor jangka panjang Mourinho. Salah satu yang menarik adalah intensitas permainan dan taktik Simeone mirip milik Mourinho kala masa jaya.

5. Carlo Ancelotti (status: tak memiliki klub)
Penampilan Chelsea di bawah asuhan Don Carlo begitu mempesona, saat Frank Lampard dan Didier Drogba mencetak 63 gol pada musim 2009-10 yang berujung juara Premier League dan Piala Liga. Namun, Ancelotti dipecat satu musim berselang saat nirgelar.

6. Ronald Koeman (status: pelatih Southampton)
Setelah awal yang lambat, Southampton mulai menanjak di papan klasemen meski kehilangan sejumlah pemain pilarnya yang dibeli klub-klub kuat. Situasi tim sekelas Chelsea memang pasti berbeda, tapi Koeman sudah 15 tahun jadi pelatih dan memiliki sejumlah prestasi. Catatan itu membuat namanya dijagokan.

7. Massimiliano Allegri (status: pelatih Juventus)
Max Allegri berhasil kembali membangun reputasinya musim lalu saat membawa Juventus juara Serie A dan lolos ke final Liga Champions. Pelatih asal Italia ini dikenal pintar memainkan taktik. Meski kehilangan Carlos Tevez, Arturo Vidal, dan Andrea Pirlo, Juve kini mulai mengancam di papan atas dan kancah Eropa.

8. Joachim Loew (status: pelatih Timnas Jerman)
Setelah pengalaman panjangnya melatih level tim nasional, Loew bukan tidak mungkin ingin mencicipi level klub usai kontraknya habis. Tetapi, gaya Loew yang sabar dalam membangun tim bisa bentrok dengan manajemen Chelsea yang selalu inginkan hasil instan.

9. Fabio Capello (status: tak memiliki klub)
Setelah baru dilepas Timnas Rusia, Capello tentu saja menarik perhatian Chelsea. Tapi usia 69 tahun ditambah pesangon dari Rusia sebesar 10 juta Pound membuat peluang Capello ke Inggris kecil.

10. Antonio Conte (status: pelatih Timnas Italia)

Pelatih Italia, Antonio Conte

Penunjukan Conte sebagai pelatih Italia awalnya tak sesukses yang diharapkan, namun berhasil lolos ke Piala Eropa 2016. Setelah turnamen tersebut, kontraknya akan habis. Melihat kemampuan luar biasanya mengangkat Juventus kembali ke jajaran elit Eropa, membuat Chelsea kepincut.

11. Frank de Boer (status: pelatih Ajax Amsterdam)
Ini adalah musim keenam De Boer melatih Ajax dan sukses mempersembahkan empat juara Eredivise, dan diprediksi siap pindah ke klub top Eropa. Namun, kesempatan De Boer masih terbilang kecil karena prestasinya membesut klub besar benua biru masih minim.

12. Manuel Pellegrini (status: pelatih Manchester City)
Kalau ManCity sampai mendapatkan jasa Guardiola atau Simeone, kenapa tidak Chelsea berpaling ke Pellegrini. Pelatih Chile ini memiliki segudang pengalaman melatih Villarreal dan Real Madrid. Gelar juara Premier League pun sudah diberikannya untuk ManCity.

13. John Terry (status: pemain Chelsea)

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho dan John Terry

Tak ada pemain yang lebih loyal kepada Chelsea era Abramovich selain John Terry. Kapten The Blues ini diketahui mulai menapaki karirnya sebagai pelatih dengan melatih tim muda Chelsea. Namun, JT kemungkinan akan "dimatangkan" lebih dulu sebelum didorong menjadi pelatih.

14. Brendan Rodgers (status: tak memiliki klub)
Rodgers sudah mengenal betul Chelsea karena sebelumnya melatih klub London Barat itu di level tim muda dan cadangan. Kurt Zouma dan Ruben Loftus-Cheek adalah hasil 'tangan dingin' Rodgers. Tetapi, kegagalannya membesut Liverpool kemarin membuat peluangnya menyusut.

15. Laurent Blanc (Paris Saint-Germain)
Kesuksesan PSG mengalahkan Chelsea lewat gol tandang di Liga Champions musim lalu terus membekas di kepala Abramovich. Tim asuhan Blanc bermain penuh semangat dan sukses menyingkirkan The Blues meski main 10 orang. Blanc adalah pelatih diplomatis dan telah bekerja sama dengan pemilik klub superkaya dan pemain bintang. Hal itu bisa bawa stabilitas ke Stamford Bridge.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya