Kutukan Piala Liga Intai Manajer Liverpool

Sumber :
  • Reuters / Carl Recine

VIVA.co.id - Juergen Klopp boleh saja gembira usai mengantarkan Liverpool melaju ke final Piala Liga. Namun, Klopp harus waspada karena ada kutukan yang tengah mengintainya saat ini.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
Kutukan ini memang terjadi dalam sembilan tahun terakhir penyelenggaraan Piala Liga. Dan Jose Mourinho sudah dua kali menerimanya. Kutukan seperti apa yang dimaksud?
 
Klopp Ternyata Pernah Kepincut Datangkan De Bruyne
Daily Mail melansir, setiap manajer yang menjuarai Piala Liga dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir, hampir pasti dipecat. Sudah ada lima manajer yang merasakannya.
 
Tak Ditempatkan Sesuai Posisi di Liverpool, Apa Kata Origi
 
Kenny Dalglish menjadi bos terakhir Liverpool yang dipecat akibat menjuarai Piala Liga. Dalglish menjuarai Piala Liga pada Februari 2012.
 
 
Saat itu, Dalglish mendampingi Liverpool saat menang atas Cardiff City lewat adu penalti. Sayangnya, di akhir musim, pemilik Liverpool, John W Henry, memecat Dalglish di akhir musim karena kecewa dengan penampilan tim secara keseluruhan.
 
Bergeser ke Mourinho. Sudah dua kali The Special One merasakan kutukan ini. Maret 2015 lalu, Mourinho menjuarai Piala Liga.
 
Selang 9 bulan, Mourinho dipecat karena Chelsea terjerembab ke papan bawah klasemen sementara Premier League. 
 
Mourinho sebenarnya pernah merasakan hal yang sama di 2007 silam. Saat itu prestasi Mourinho tak terlalu mengecewakan. Namun, keputusan manajer asal Portugal yang kerap mencadangkan Andriy Shevchenko membuat Roman Abramovich geram. Atas alasan inilah Abramovich memecat Mourinho.
 
Selain keduanya, masih ada tiga juru taktik yang merasakan kutukan Piala Liga. Mereka adalah Juande Ramos (Tottenham Hotspur), Alex McLeish (Birmingham City), dan Michael Laudrup (Swansea City).
 
Tapi, ada dua manajer yang selamat dari kutukan ini. Mereka adalah Sir Alex Ferguson dan Manuel Pellegrini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya