10 Fakta Menarik Calon Bek Baru Liverpool

Bek Schalke, Joel Matip
Sumber :
  • Skysport.com
VIVA.co.id
5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League
- Liverpool telah memastikan adanya kesepakatan dengan Joel Matip, untuk hijrah ke Anfield setelah kontraknya berakhir di Schalke 04 di akhir musim. Bintang timnas Kamerun berusia 24 tahun, itu memutuskan untuk merasakan pengalaman baru di Premier League.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Dilansir dari situs resmi Liverpool pada Rabu, 17 Februari 2016, Matip memulai perjalanan karirnya dari SC Weitmar 45 dan VFL Bochum. Dia kemudian direkrut Schalke, yang telah melihat talenta besarnya di usia masih sangat muda.
Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool


Pengalamannya pada sepakbola profesional, dimulai dengan tim kedua Schalke di divisi empat liga Jerman. Debutnya untuk tim senior terjadi pada November 2009, di mana dia melakukannya dengan luar biasa, karena mencetak gol ke gawang Bayern Munich pada usia 18 tahun.


Matip yang memiliki tinggi badan 193 centimeter, bisa bermain sebagai bek tengah, bek kiri dan kanan, serta gelandang bertahan. Tinggi badan dan larinya yang cepat, membuatnya menjadi palang pertahanan yang sulit dilewati para penyerang lawan.


Hal yang menarik,walau tidak pernah takut melakukan tekel, Matip hampir tidak pernah memperoleh kartu merah di sepanjang karirnya. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Joel Matip:


1. Matip akan menjadi pemain tertinggi, dibandingkan semua anggota skuad Liverpool saat ini. Dia bahkan sedikit lebih tinggi, dibandingkan Marco Grujic, yang juga bakal bergabung dengan Liverpool di akhir musim.


2. Gol pertamanya dalam karir profesional, dilakukan saat pertandingan debut melawan Bayern Munich, di usia baru 18 tahun pada 2009.


3. Memiliki ibu warga negara Jerman, dan memiliki kesempatan bergabung dengan timnas Jerman. Namun dia memilih negara asal ayahnya, Kamerun.


4. Kakaknya, Marvin Matip, juga seorang bek tangguh yang bermain untuk Bochum. Sepupu mereka, Joseph-Desire Job, adalah mantan bintang timnas Kamerun.


5. Dia akan menjadi pemain timnas Kamerin kedua di Liverpool, setelah Rigobert Song.


6. Matip yang telah bermain sebanyak 244 kali untuk Schalke, mencetak rata-rata satu gol setiap 10 pertandingan.


7. Matip membantu Schalke memenangkan DFB-Pokal pada 2011, kemudian mengalahkan Borussia Dortmund saat masih ditangani Juergen Klopp di DFL-Supercup.


8. Posisinya adalah bek tengah, namun sudah mengemas tiga gol dan tiga assist musim ini.


9. Matip menjadi rekrutan ketiga Juergen Klopp sebagai manajer Liverpool, setelah Marko Grujic dari Red Star Belgrade, dan Steven Caulker yang dipinjam dari QPR.


10. Hanya satu kartu merah yang diterima sepanjang karir, yaitu saat laga Liga Europa melawan FC Twente pada Maret 2012. Namun banding yang diajukan Schalke diterima dan kartu merah dibatalkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya