Klopp Sabar Tunggu Moreno Berkembang Seperti Schmelzer

Pemain Liverpool, Alberto Moreno (kiri)
Sumber :
  • REUTERS/Ed

VIVA.co.id – Manajer Liverpool Juergen Klopp terus didesak untuk membeli bek kiri baru. Terutama, dengan blunder yang kembali dilakukan Alberto Moreno, dalam laga perdana Premier League menghadapi Arsenal, pada akhir pekan lalu.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Dilansir dari This is Anfield pada Kamis 18 Agustus 2016, pemain asal Spanyol itu menjadi sorotan, dinilai tidak juga mengalami perbaikan dari musim lalu. Beberapa pemain sudah dikaitkan dengan Anfield, seperti bek kiri Jonas Hector, dan bek Porto Bruno Martins Indi yang bisa bermain di tengah dan kiri.

Tapi, Klopp disebut tidak punya keinginan membeli bek kiri baru. Situasi yang ada di Anfield sekarang, mengingatkan pada musim pertama Klopp sebagai bos Borussia Dortmund pada 2008. Klopp bersama timnya, Zeljko Buvac dan Peter Krawietz, melakukan analisis dan melihat masalah besar Dortmund, yaitu bek kiri.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Klopp mendatangkan dua bek tengah Felipe Santana dan Neven Subotic, untuk memperkuat lini pertahanan, tapi tidak ada bek kiri yang dibeli. Rekannya, Krawietz, mencari solusi dari dalam klub. "Sangat jelas, bagian terpenting pekerjaan kami adalah menemukan pemain-pemain muda spesial, dan melatih mereka," kata Krawietz.

 "Jika kami melakukannya, kami tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk transfer pemain pada tahun-tahun mendatang, Kami sebagai tim pelatih, memiliki tempat nyaman untuk pemain muda, juga keberanian untuk memainkan mereka, juga mata yang sangat jeli seperti bisa Anda lihat Marc Schmelzer sebagai contoh," ujarnya.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Schmelzer yang berusia 20 tahun, langsung dipromosikan ke tim utama, saat Klopp dan timnya resmi menangani Dortmund. Musim pertamanya pada 2007/2008 jauh dari kata sukses. Dia masih berupa berlian dari akademi, yang masih perlu dipoles.

Sama seperti Moreno, Schmelzer tidak terlihat meyakinkan dalam menjalankan fungsi bertahan. Krawietz mengungkap, satu-satunya yang mereka lihat dari Schmelzer adalah kemauannya untuk belajar. Di usia masih sangat muda, dia memang ada pada posisi siap dibentuk.

Butuh dua tahun, di mana Schmelzer memperlihatkan perkembangan, pada 2010. Klopp ketika itu mengatakan, bahwa Schmelzer telah membuat lompatan jauh. Dia mampu bermain dalam intensitas tinggi yang dituntut Klopp, dan dapat melakukan tekel pada waktu yang tepat.

Pada 2009/2010 Schmelzer mencatatkan 2,2 tekel sukses, 2,3 pencegatan, dan satu operan krusial setiap 90 menit laga Bundesliga. Statistiknya memperlihatkan peningkatan setiap musim, dan dianggap sebagai salah satu pemain paling konsisten di Bundesliga.

Di dalam kasus Moreno, Juergen Klopp dan timnya, juga mengindikasikan kesediaan untuk bersabar, menunggu Moreno berkembang di bawah mereka. Itu sekaligus menjelaskan, mengapa seperti tidak ada upaya dari Liverpool, untuk mendatangkan bek kiri baru musim panas ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya