Puji 'Wasit Manchester', Mourinho Ikuti Jejak Negatif Fergie

Manajer Manchester United, Jose Mourinho
Sumber :
  • Action Images via Reuters / Carl Recine

VIVA.co.id – Football Association (FA) meminta Jose Mourinho untuk menjelaskan komentar yang dikeluarkannya terkait wasit Anthony Taylor jelang laga yang berakhir imbang 0-0 antara Liverpool dan Manchester United di Anfield.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Menurut Omnisport, manajer MU itu punya waktu hingga hari Jumat sore untuk merespon panggilan FA tersebut, yang akan menentikan nasib Mourinho akan disanksi atau tidak.

Sebab, FA sudah menetapkan peraturan yang melarang manajer untuk berbicara soal wasit sebelum pertandingan.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Pada jumpa pers jelang laga kemarin, Mourinho mengatakan Taylor, yang tempat tinggalnya kurang lebih hanya 10 kilometer dari kota Manchester, akan sulit memberikan penampilan terbaik di tengah rivalitas MU dan Liverpool.

"Saya pikir tuan Taylor adalah wasit yang sangat bagus tapi saya pikir seseorang berniat memberikan tekanan padanya, yang saya pikir akan membuatnya sulit berikan penampilan terbaiknya," ujar Mourinho.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Setelah hasil imbang di Merseyside, Mourinho bertanya pada tim media MU apakah dirinya boleh berkomentar soal Taylor, sebelum memberikan pujian pada penampilan sang wasit.

"Dia menjalankan pertandingan bagus dan saya sangat senang untuknya. Karena orang yang memegang tanggung jawab memberikan banyak tekanan padanya sehingga sulit melihat dia bisa tampil bagus, tapi dia tampil bagus," kata Mou usai laga.

Pada 2011, mantan manajer MU, Sir Alex Ferguson, menjadi manajer pertama yang dijatuhi sanksi terkait peraturan tersebut pada 2009, saat mengatakan Howard Webb adalah "jelas wasit terbaik di negara tersebut" jelang laga lawan Chelsea.

Mourinho sendiri tak asing berbenturan masalah dengan FA terkait wasit.

Saat memimpin Chelsea untuk kali kedua musim lalu, ia diberikan sanksi satu pertandingan dan denda 50.000 Pound setelah mengatakan wasit "takut" memberikan penalti pada timnya usai kekalahan 1-3 dari Southampton.

Mourinho juga pernah diusir ke tribun stadion saat kalah dari West Ham, Oktober lalu, dan membuatnya dilarang ikut memimpin timnya dalam laga tandang ke markas Stoke City.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya