Ini Alasan MU Tak Punya Tim Wanita Seperti ManCity

Tim sepakbola wanita Manchester City
Sumber :
  • minutemediacdn

VIVA.co.id – Hampir semua tim Premier League memiliki tim sepakbola wanita. Hanya ada dua tim yang tidak punya tim wanita, yakni Southampton dan Manchester United.

Liga Yooscout x Piala Kartini Sukses Digelar, ASBWI dan CSS Harap Lahirkan Pesepakbola Berbakat

Bila melihat strata MU sebagai klub, sebenarnya bukan hal sulit bagi mereka jika ingin memiliki tim sepakbola wanita. Namun, hingga saat ini belum ada tanda kalau klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut akan punya tim wanita.

Sebenarnya, 16 tahun lalu, MU punya tim sepakbola wanita. Namun statusnya bukan milik MU secara utuh. Mereka menjalin kerja sama dengan klub Corinthians.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Namun, jalinan kerja sama kedua klub itu hanya berjalan lima tahun. Dan, di tahun 2005, dua bulan setelah "dinasti" Glazer menjadi penguasa Setan Merah, mereka memutuskan untuk tidak lagi membina tim wanita dengan alasan bukan bagian dari rencana bisnis yang mau mereka jalankan.

Saat ini, MU juga tetap memiliki tim wanita. Hanya saja untuk level junior, mereka tetap enggan punya tim wanita untuk level senior dalam 11 tahun terakhir.

Industri Sepakbola Makin Menggila, Uang yang Dikeluarkan Capai Ratusan Triliun

Seruan kepada manajemen MU untuk membentuk tim wanita masih berdatangan. Seperti yang terjadi di tahun 2013, kala The Red Devils masih ditangani David Moyes.

Salah satu orang yang membuat petisi untuk ini adalah seorang anggota parlemen Inggris, Barbara Keeley. Dia menulis surat kepada CEO klub, Ed Woodward.

Namun, apa yang diinginkan Keleey tak mendapat respons memuaskan dari pihak klub. "Balasan yang saya dapatkan dari klub, mereka mengatakan ingin mengkaji apa yang saya minta, tapi belum ada kabar lebih lanjut," katanya kepada Express.

"Sangat sulit untuk memahami mengapa Manchester United masih belum siap untuk kembali memiliki tim sepakbola wanita," kata Keeley

Situasi ini berbanding terbalik dengan klub tetangga mereka, Manchester City. Tim sepakbola wanita The Citizens telah memenangkan FA WSL (Women's Super League) di tahun 2014 dan 2016, dan mereka juga meraih titel Super League pertamanya tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya