Dipecat Palace, Pardew Terkena Kutukan Eks Bomber Liverpool?

Manajer Crystal Palace, Alan Pardew.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Manajer Crystal Palace, Alan Pardew, menjadi korban pertama pemecatan di Premier League musim ini. Dia dipecat usai menorehkan rekor buruk dengan hanya memberikan empat kemenangan dari 17 laga Premier League.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Hasil itu menempatkan Palace di posisi 17 klasemen sementara. Tak puas dengan kinerja Pardew, manajemen The Eagles akhirnya memberhentikan mantan manajer Newcastle United itu pada 22 Desember, kemarin.

Meski kinerja Pardew dinilai kurang baik, namun banyak pihak yang menghubung-hubungkan pemecatan pria asal Inggris itu dengan perekrutan Christian Benteke.

Klopp Siap Beri Bantuan untuk Arne Slot Jika Latih Liverpool

Fakta tersebut didukung kejadian sama yang menimpa dua manajer yang pernah menangani Benteke sebelumnya, yakni Paul Lambert di Aston Villa dan Brendan Rogers di Liverpool. Jika digabungkan, ketiganya sama-sama dipecat oleh klubnya setelah mendatangkan Benteke.

Berikut penjelasannya seperti dikutip Mirror:

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

1. Paul Lambert
Lambert adalah orang yang berjasa mendatangkan Benteke ke Premier League pada musim panas 2012. Dia memboyong penyerang asal Belgia itu dengan mahar sebesar £7 juta dari Racing Genk.

Benteke berhasil tampil menawan di musim pertamanya dengan mencetak 23 gol. Sayangnya, jumlah tersebut menurun di musim kedua menjadi 11 gol akibat terkena cedera.

Di musim 2014/2015 atau musim terakhirnya di Villa Park, Benteke kembali berjuang untuk kembali ke bentuk terbaiknya. Dan karena Villa hanya menempati posisi 18 di tabel klasemen, Lambert akhirnya dipecat pada Februari 2015.

2. Brendan Rogers
Meski berhasil lolos dari jerat degradasi, Villa akhirnya tak kuasa menolak godaan £32.5 juta yang disodorkan oleh Liverpool pada musim panas 2015. Benteke pun resmi membela Liverpool di musim 2015/2016.

Pindah ke Liverpool tak membuat nasib Benteke jadi lebih baik. Dia justru kesulitan mengikuti gaya bermain The Reds.

Parahnya, kutukan pemecatan itu kembali berlanjut. Rodgers menjadi korban selanjutnya setelah hanya mampu membawa Liverpool menempati peringkat 10 dari delapan pertandingan Premier League. Benteke pun hanya bertahan selama semusim di Anfiled.

3. Alan Pardew
Pengalaman yang sama akhirnya dirasakan oleh Pardew setelah dia dipecat oleh Palace, 22 Desember kemarin. Pardew juga menjadi manajer yang mendatangkan Benteke ke Palace pada awal musim ini setelah membayar £32 juta kepada Liverpool.

Performa Benteke sempat membaik setelah berhasil melesakkan delapan gol dari 15 laga Premier League, namun masih tak mampu membawa Palace naik ke papan atas.

Merasa tak puas, manajemen Palace akhirnya memutuskan untuk memecat Pardew. Rumornya, dia akan digantikan oleh mantan manajer timnas Inggris, Sam Allardyce.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya