Munculnya Titisan Mourinho di Premier League

Marco Silva, manajer Hull City yang dianggap titisan Mourinho.
Sumber :
  • Reuters/John Sibley

VIVA.co.id – Manajer Hull City, Marco Silva, kini disebut-sebut sebagai titisan Jose Mourinho di Premier League. Silva bahkan sudah mendapat julukan 'The New Special One'.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Karier Silva di dunia kepelatihan memang cukup mirip dengan Mourinho. Baik Silva dan Mourinho, sama-sama melatih klub tak terkenal di awal karier kepelatihannya.

Klub pertama yang dilatih Silva adalah Estoril. Kemudian, dia ditunjuk menjadi juru taktik Sporting Lisbon.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Di Sporting, kemampuannya dalam meramu strategi mulai berkembang. Akhirnya, Silva berhasil mengantarkan Sporting menyabet gelar Taca de Portugal (Piala Portugal) di musim 2014/15.

Nahas, usai mengantarkan Sporting juara Piala Portugal, Silva dipecat. Selanjutnya, dia melatih Olympiacos. Di Yunani, pria 39 tahun itu membawa Olympiacos juara pada musim 2015/16.

Kata Juergen Klopp, Liverpool Masih Punya Masalah yang Sama

Dari sinilah, julukan 'The New Special One' atau 'Mini Mourinho' untuk Silva melekat.

"Saya tak sepakat, jika Marco dibandingkan dengan saya. Itu tak bagus baginya dan saya merasa itu tidak adil," kata Mourinho seperti dilansir Daily Mirror.

"Tapi, memang ada kemiripan antara dia dengan saya dari segi karier. Dia bekerja dengan baik. Sosok yang pintar dan sopan," lanjutnya.

Mourinho mengakui Silva punya cara yang luar biasa dalam memimpin tim. Manajer Manchester United tersebut menilai Silva punya kemampuan unik dan tak dimiliki pelatih lain.

"Formasinya cukup unik. Cara bermainnya di Hull sangat berbeda. Beban besar sedang dipikulnya karena posisi Hull saat ini tak bagus," ujar Mourinho. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya