Van Dijk Catat Rekor, Ini 10 Bek Termahal di Dunia

Virgil van Dijk resmi bergabung dengan Liverpool
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA – Liverpool baru saja merekrut Virgil van Dijk dari Southampton. Demi mendatangkan Van Dijk, Liverpool harus merogoh koceknya hingga £75 juta atau setara Rp1,4 triliun.

Curhat Arteta Usai Arsenal Diamuk Liverpool

Nilai transfer ini menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal di dunia. Pemain internasional Belanda ini mematahkan rekor Kyle Walker yang didatangkan Manchester City dari Tottenham Hotspur di bursa transfer musim panas ini.

Harga £75 juta memang masih jauh dari rekor transfer Neymar ke Paris Saint-Germain, senilai £198 juta. Namun, nilai tersebut tergolong fantastis untuk seorang bek.

Peluang Kylian Mbappe ke Liverpool

Siapa sajakah bek yang menyandang status termahal di dunia? Berikut 10 bek termahal, seperti dilansir Sportsmail

10. Eliaquim Mangala (£32 juta)
ManCity membeli Mangala dari FC Porto paa Agustus 2014. The Citizens rela merogoh kocek £32 juta atau setara Rp582,77 miliar demi menggaet pemain internasional Prancis ini.

Liverpool Harap-harap Cemas Usai Hajar Newcastle United

Bek Manchester City, Eliaquim Mangala (kiri)

Faktanya, penampilan Mangala di lapangan tak sebanding dengan harga mahalnya. Di musim 2016-17, dia sempat dipinjamkan ke Valencia. Musim ini Mangala tengah berjuang keras mendapatkan posisi inti di ManCity. Dia tampil dalam 12 pertandingan di semua kompetisi.

9. Thiago Silva (£33 juta)
Juli 2012, Paris Saint-Germain mengejutkan dunia dengan memboyong Thiago Silva dari AC Milan. Pemain asal Brasil ini dibanderol £33 juta atau setara Rp600,84 miliar.

Kapten Paris Saint-Germain (PSG), Thiago SIlva.

Pembelian Silva hampir bersamaan dengan Zlatan Ibrahimovic dari klub yang sama. Hingga saat ini, Silva terus menjadi andalan di lini belakang PSG. Dia membawa Les Parisiens meraih empat titel Ligue 1, tiga Coupe de France, dan empat Coupe de la Ligue.

8. David Luiz (£34 juta)
Dana sebesar £34 juta atau setara Rp619,24 miliar rela dikeluarkan Chelsea demi membawa pulang David Luiz dari PSG, September 2016 lalu. Nilai tersebut sebenarnya di bawah harga penjualan ke PSG pada 2014, seharga £50 juta.

Bek Chelsea, David Luiz, rayakan gol

Selanjutnya: Shkodran Mustafi

7. Shkodran Mustafi (£35 juta)
Arsenal membeli Mustafi dari Valencia pada Agustus 2016, seharga £35 juta atau setara Rp637,24 miliar. Mustafi membayar kepercayaan dengan terus menjadi pilihan utama manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Bek Arsenal, Shkodran Mustafi.

6. Leonardo Bonucci (£35,2 juta)
Bonucci menjadi bagian dari reformasi besar-besaran AC Milan di bursa transfer Agustus 2017 ini. Rossoneri rela merogoh kocek £35,2 juta demi memboyong Bonucci dari klub rival, Juventus.

Kapten AC Milan, Leonardo Bonucci.

Sayangnya, penampilan Bonucci di bawah ekspektasi. Rossoneri masih terpuruk di posisi 11 Serie A dengan 24 poin dari 18 pertandingan.

5. John Stones (£47,5 juta)
Dana besar dikeluarkan Manchester City demi memboyong John Stones dari Everton, Agustus 2016 lalu. The Citizens harus merogoh kocek £47,5 juta.

Pemain belakang Manchester City, John Stones

Stones tak langsung nyetel di musim perdananya. Namun, di musim ini, dia menjadi bagian penting ManCity mencatat rekor 18 kemenangan beruntun di Premier League.

4. David Luiz (£50 juta)
Ambisi tinggi PSG membuat mereka rela merogoh dana besar demi menggaat pemain bintang. Juni 2014, raksasa Prancis ini membeli Luiz dari Chelsea seharga £50 juta.

Bek Paris Saint-Germain (PSG), David Luiz

Sayang, Luiz hanya tiga musim bertahan di PSG. Di musim 2016-17, pemain asal Brasil ini malah kembali ke Chelsea.

Selanjutnya: Benjamin Mendy


3. Benjamin Mendy (£52 juta)
Benjamin Mendy menjadi bagian dari belanja besar-besaran manajer ManCity, Pep Guardiola, di bursa transfer musim panas 2017 lalu. ManCity membeli Mendi dari AS Monaco seharga £52 juta. Sayangnya, dia mengalami cedera pada September 2017, sehingga belum banyak tampil bersama The Citizens.

Bek Manchester City, Benjamin Mendy

2. Kyle Walker (£54 juta)
Awal musim ini, ManCity mendatangkan banyak bek berharga mahal. Selain Mendy, The Citizens menggaet Kyle Walker dari Tottenham Hotspur, seharga  £54 juta.

Bek Manchester City, Kyle Walker

1. Virgil van Dijk (£75 juta)
Liverpool membuat kejutan di bursa transfer musim dingin ini. Mereka rela merogoh kocek £75 juta demi menggaet Van Dijk dari Southampton. Pemain asal Belanda ini resmi menyandang status sebagai bek termahal di dunia.

Virgil van Dijk resmi bergabung dengan Liverpool

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya