Juventus, Klub Kaya Raya yang Doyan Pemain Gratis

Juventus juara Serie A 2018/2019
Sumber :
  • Instagram/@juventus

VIVA – Dua gelandang papan atas Eropa, Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot, jadi rekrutan teranyar raksasa Serie A, Juventus. Alangkah beruntungnya Si Nyonya Tua, kedua pemain barunya itu didaratkan di Allianz Stadium dengan status bebas transfer alias gratis.

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Ramsey jadi rekrutan pertama. Gelandang berpaspor Wales ini sepakat bergabung dengan Juventus setelah tak memperpanjang kontraknya, setelah melewati 11 musim bersama Arsenal. Bintang berusia 28 tahun ini hijrah ke Juventus dengan status bebas transfger dan diikat kontrak berdurasi kontrak empat tahun.

Setelah Ramsey datang, Juventus kembali menghadirkan pemain tengah baru. Kali ini giliran gelandang muda asal Prancis, Adrien Rabiot, yang sukses didatangkan Juventus. Sama dengan Ramsey, pemain berusia 24 tahun ini juga diboyong Juventus dengan gratis. Rabiot memilih hengkang dan tak melanjutkan karier bersama raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG).

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

Akan tetapi, Rabiot belum diperkenalkan secara resmi oleh Juventus. Rencananya, Rabiot baru akan diperkenalkan manajemen I Bianconeri, Selasa, 2 Juli 2019 waktu Italia.

Mendatangkan pemain dengan status bebas transfer bisa dikatakan jadi keahlian Juventus. Sebab, jauh sebelum Ramsey dan Rabiot datang, Juventus juga pernah mendatangkan sederet bintang dengan gratis. Bukan tak mampu menggelontorkan dana, sebab Juventus adalah klub terkaya di Italia. 

Torino Vs Juventus, Pemain Ini Kena Sentil Allegri

Menurut data Football Finance 100 pada Februari 2019, Juventus punya nilai aset pemain sebesar 768 juta Euro (Rp12,3 triliun), kas dalam bank sebesar 140 juta Euro (Rp2,2 triliun), investasi pemilik potensial 253 juta Euro (Rp4,03 triliun), serta hutang bersih sebesar 437 juta Euro (Rp6,9 triliun).

Soal keberhasilan mendatangkan sejumlah bintang dengan gratis, Juventus jelas punya strategi khusus dalam hal perekrutan pemain. Selain itu, nama besar Juventus di Eropa juga jadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pemain untuk menerima pinangannya.

Lucio, Andrea Pirlo, Sami Khedira, Emre Can, Dani Alves, Fernando Llorente, hingga Paul Pogba, adalah sederet bintang yang sukses digaet Juventus secara gratis. Dari beberapa nama tersebut, Juventus pernah untung besar saat menjual kembali Pogba ke Manchester United. Sebab, Pogba sebelumnya diboyong gratis dari MU musim 2012/2013. Juventus kemudian menjual Pogba ke klub lamanya dengan nilai sebesar 89,3 juta Poundsterling, atau setara dengan Rp1,6 triliun.

Selain Ramsey dan Rabiot, Juventus juga baru saja resmi mendapatkan tanda tangan wing-back muda Italia, Luca Pellegrini. Hanya saja, untuk transfer Pellegrini dari AS Roma, Juventus harus merogoh kocek 22 juta Euro, atau senilai dengan Rp392,7 miliar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya