Rencana Playoff Serie A Kembali Muncul

Logo Serie A
Sumber :
  • Forzaitalianfootball

VIVA – Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina kembali mengemukakan ide playoff dan playout Serie A. Itu karena klub-klub berpotensi menghadapi jadwal padat saat kompetisi bergulir.

Dampak Psikologis Perang Rusia-Ukraina kepada Pemain Atalanta

Mayoritas klub menginginkan Serie A digelar pada 13 Juni 2020, sembari menunggu izin pemerintah. Pertandingan akan digelar dalam tiga hingga empat hari atau dua kali dalam sepekan. Sehingga kompetisi akan selesai pada 2 Agustus.

(Baca juga: 13 Juni, Serie A Kembali Beraksi)

AC Milan Vs Inter, Inzaghi: Derby Ini Kurang Spektakuler

"Ide ini (playoff) belum dibuang. Kami harus siap dengan segala kemungkinan. Sekarang, ada kemungkinan Serie A dilanjutkan pada 13 Juni dengan jadwal yang padat," kata Gravina dilansir Football Italia.

"Namun, kami harus siap untuk apapun. Itulah sebabnya, kami melihat pengaturan yang berbeda seperti playoff," lanjutnya.

Jose Mourinho Saksikan Kemenangan AS Roma dari Bus

Ide playoff ini sempat diapungkan Gravina pada Maret 2020 lalu. Nantinya, ada laga-laga penentu juara dan juga tim yang terdegradasi.

"Saya memiliki ide untuk laga playoff dan playout, untuk menghargai nilai-nilai kompetisi olahraga. Ini bakal melibatkan empat tim teratas untuk perebutan Scudetto dan empat tim terbawah dalam penentuan tim yang degradasi," kata Gravina.

(Baca juga: Skenario Playoff Scudetto Jika Serie A Tak Bisa Dilanjutkan)

Empat tim teratas yang bakal mengikuti playoff Scudetto adalah Juventus, Lazio, Inter Milan, dan Atalanta. Sedangkan empat tim terbawah adalah Lecce, Genoa, SPAL, dan Brescia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya