Catatan Mengerikan Bek Atalanta, Tertajam di Eropa

Bek Atalanta, Robin Gosens
Sumber :
  • DW

VIVA – Atalanta tampil sensaional usai membantai Brescia dengan skor 6-2, dalam lanjutan pertandingan Serie A di Gewiss Stadium, pada Rabu dini hari WIB, 15 Juli 2020. Kemenangan ini pun menjadi catatan tersendiri bagi bek Atalanta, Robin Gosens. 

Gol Sang Mantan di Menit Akhir Buyarkan Kemenangan Inter Milan

Pemain asal Jerman itu tercatat sebagai bek dengan keterlibatan terbanyak dalam gol. Total, Gosens telah menciptakan sembilan gol dan delapan assist, yang merupakan yang terbaik di lima liga top Eropa.

Pada laga Atalanta vs Brescia, Gosens memberikan dua assist untuk gol Marten de Roon (25’) dan Duvan Zapata (30’). Dua assist tersebut menggenapkan koleksinya menjadi delapan.

Dampak Psikologis Perang Rusia-Ukraina kepada Pemain Atalanta

Menurut laporan Opta, gabungan gol dan assist Gosens mencapai 17 buah di Serie A musim ini. Ia tercatat sebagai bek yang paling sering terlibat dalam gol, unggul dua poin dari bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

Alexander-Arnold tercatat berkontribusi dalam 15 gol Liverpool musim ini, dengan rincian tiga gol dan 12 assist. Sedangkan di bawah Gosens dan Alexander-Arnold ada pemain klub Bundesliga Augsburg FC, Philipp Max, yang mencatat delapan gol dan enam assist.

AC Milan Vs Inter, Inzaghi: Derby Ini Kurang Spektakuler

Bahkan, untuk jumlah gol yang disarangkan Gosens hanya mampu dikalahkan oleh kapten Real Madrid, Sergio Ramos, yakni 10 gol. Meski begitu, sembilan gol yang diciptakan tidak ada yang berasal dari sepakan penalti, sementara Ramos mencetak 6 gol melalui titik putih. 

Kontrak Robin Gosens sendiri di Atalanta baru akan habis pada 30 Juni 2022. Namun, harga pasarnya cukup murah dibandingkan pemain bertahan lain. Berdasarkan situs Transfermarkt, harga pasar pemain kelahiran Emmerich itu ditaksir hanya 20 juta Euro (setara Rp332 miliar).

Jika dijual sesuai harga pasar, Atalanta sejatinya bisa meraih untung besar. Gosens didatangkan pada musim panas 2017 dengan harga hanya 1 juta Euro (setara Rp16,6 miliar) dari klub Eredivisie, Heracles Almelo.

Selain punya naluri mencetak gol yang tinggi dan melepas umpan matang yang mumpuni, Gosens juga bisa dimainkan dalam beberapa posisi. Bukan cuman bisa ditaruh sebagai bek sayap, ia juga sering dimainkan sebagai winger kiri atau gelandang tengah.

Baca Juga:

Hati-hati PSG, Atalanta Makin Ganas dengan 93 Gol!

5 Korban Keganasan Atalanta 'Inter Milan KW', Termasuk AC Milan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya