AC Milan Resmi Miliki Titisan Pirlo, Ini Profil Sandro Tonali

Pemain AC Milan, Sandro Tonali
Sumber :
  • Football Addict

VIVA – AC Milan kembali mendapatkan pemain anyar di musim panas ini. Mereka memastikan kedatangan gelandang muda Italia, Sandro Tonali dari Brescia. Tonali digaet dengan status pinjaman. 

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Newcastle United

Untuk mendatangkan Tonali, AC Milan harus membayar 10 juta euro. Rossoneri memiliki opsi permanen dengan tambahan 15 juta euro plus bonus 10 juta euro. Tonali digaji 2 juta euro pertahun.

Sebenarnya, Tonali hampir saja bergabung ke Inter Milan. Namun Inter yang sibuk dengan target lain, Milan kemudian datang dan menikungnya. Di sisi lain, Tonali adalah seorang fans dari AC Milan

Respons Newcastle Usai Tonali Dihukum 10 Bulan karena Judi Online

Baca: Resmi Dapat Pemain Brescia, AC Milan Berhasil Tikung Inter

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis 10 September 2020, berikut profil dan biodata Tonali yang kerap dijuluki Titisan legenda AC Milan dan Timnas Italia, Andrea Pirlo:

Tersandung Kasus Perjudian, Sandro Tonali Dilarang Bermain 10 Bulan

Sandro Tonali

Awal Karier
Sandro Tonali lahir pada 8 Mei 2000. Tonali melakukan debut profesionalnya untuk klub Serie B, Brescia Calcio pada 26 Agustus 2017, pada usia 17 tahun, masuk sebagai pemain pengganti.

Dia mengantongi 19 penampilan liga secara total selama musim pertamanya sebagai pemain profesional, mencetak dua gol dan memberikan dua assist selama musim Serie B 2018.

Musim berikutnya, Tonali memenangkan gelar Serie B bersama Brescia, dan meraih promosi ke Serie A, tampil sebagai starter untuk klub sepanjang musim 2018-19.

Baca: Gaet Bintang Muda Timnas Italia, Milan Dapat Pirlo Sekaligus Gattuso

Sandro Tonali

Debut di Serie A
Pada Juli 2019, dia ditunjuk oleh UEFA sebagai salah satu dari 50 pemain muda yang menjanjikan untuk ditonton untuk musim 2019-20.

Dia melakukan debutnya di Serie A pada 25 Agustus 2019, pada usia 19 tahun, dalam kemenangan tandang 1-0 melawan Cagliari. Pada 29 September, ia membantu gol Mario Balotelli saat melawan Napoli.

Tonali mencetak gol Serie A pertamanya pada 26 Oktober 2019, mencetak gol tendangan bebas jarak jauh ke pojok atas dari sayap kiri, yang merupakan gol pembuka saat timnya kalah 1-3 dari Genoa.

Gelandang Timnas Italia, Sandro Tonali

Peran di Timnas Italia
Tonali turut mengambil bagian dalam Piala Eropa U-19 2018, mencapai final meski pada akhirnya kalah 3-4 setelah perpanjangan waktu melawan Portugal.

Dia melakukan debutnya bersama Timnas Italia U-21 pada 21 Maret 2019, dengan hasil imbang 0-0 melawan Austria di Trieste. Dia juga ambil bagian dalam Piala Eropa U-21 2019.

Pada November 2018, ia dipanggil untuk pertama kalinya ke Timnas senior Italia oleh manajer Roberto Mancini. Tapi Tonali melakukan debut internasional seniornya pada 15 Oktober 2019.

Dia masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 5-0 Italia atas Liechtenstein. Starter pertamanya untuk Italia datang dalam penampilan berikutnya pada tanggal 15 November, saat menang tandang 3-0 atas Bosnia dan Herzegovina.

Andrea Pirlo

Gaya bermain
Dia sering disamakan dengan Andrea Pirlo yang juga sama-sama memulai karirnya bersama Brescia. Dia disamakan dalam hal pergerakan, koordinasi, penampilan, kualitas teknik, posisi, dan gaya bermain. 

Tonali juga merupakan gelandang kuat, enerjik, elegan, kreatif, visi sangat baik dalam kemampuan untuk membaca permainan. Meskipun secara alami memiliki kaki kanan, ia dikenal karena kemampuan passing jauhnya yang akurat dengan kedua kakinya.

Tonali biasanya bermain di lini tengah atau sebagai playmaker dalam formasi 4–3–3. Tonali sudah menunjukkan kedewasaan dan karakter di usianya yang masih muda. 

Selain Pirlo, Tonali juga menyebut Steven Gerrard dan Luka Modri? sebagai inspirasinya. Dia juga membandingkan gaya bermainnya sendiri dengan Gennaro Gattuso. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya