Asal Usul Sebutan Derby della Madonnina, Laga Panas Inter Vs Milan

Pertandingan AC Milan vs Inter Milan
Sumber :
  • twitter.com/acmilan

VIVA – Laga panas bakal tersaji dalam lanjutan Serie A, Sabtu 17 Oktober 2020. Dua tim Kota Milan, Inter Milan dan AC Milan bentrok di Giuseppe Meazza.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Selain disebut Derby Milano laga ini kerap dijuluki sebagai Derby della Madonnina. Mengapa demikian?

Dilansir berbagai sumber, sebutan Derby della Madonnina digunakan untuk menghormati pemandangan utama di Kota Milan, patung Bunda Maria di atas Katedral Milano. Patung tersebut biasa disebut Madonnina (bahasa Italia, berarti Madonna kecil).

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

(Baca juga: Jelang Derby Milan, Conte Beri Janji Manis untuk Eriksen)

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Di masa lalu, fans Inter mewakili kaum borjuis yang senantiasa pergi ke stadion dengan sepeda motor. Sedangkan fans Milan merupakan kelas pekerja yang pergi dengan transportasi umum. Namun, seiring waktu perbedaan ini sudah tak terlihat.

Derby della Madonnina pertama tersaji pada 10 Januari 1909, Inter memenangkan laga dengan skor 4-2. Setelah itu, kedua tim bertemu dalam 225 laga resmi. Inter lebih dominan dengan 82 kemenangan, berbanding 76 kemenangan Milan. Sisanya, 67 laga berakhir imbang.

Namun, urusan gelar Rossoneri lebih unggul. Mereka sudah merebut 48 gelar sepanjang sejarah sedangkan Nerazzurri merebut 39 trofi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya