Panasnya Inter Milan Vs Juventus, Pembantaian 9-1 Hingga Calciopoli

Duel Juventus vs Inter Milan di Serie A 2019/20
Sumber :
  • Twitter/@juventusfc

VIVA –  Laga panas bakal berlangsung dalam lanjutan Serie A, Senin dini hari WIB, 18 Januari 2021. Ada duel bertajuk Derby d'Italia antara Inter Milan kontra Juventus di Giuseppe Meazza.

Kumpulan Ucapan Idul Fitri dari Klub Premier League dan Serie A

Dilansir The Guardian, duel Derby d'Italia selalu meninggalkan intrik dan juga kisah menarik. Sejarah panas laga ini sudah terjadi di musim 1960/61.

Duel Juve vs Inter di Delle Alpi harus dihentikan karena suporter tuan rumah menyerbu masuk ke dalam lapangan. Awalnya, Lega Serie A memberikan kemenangan untuk Inter.

Comeback Dramatis Lawan Udinese, Inter Milan 2 Kemenangan Lagi Menuju Scudetto 2 Bintang

Namun, Komisi Banding justru memerintahkan laga untuk diulang yang membuat kecewa Presiden Inter, Angelo Moratti. Dia menuduh keluarga Agnelli dalam keputusan ini. Sebab Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dipimpin Umberto Agnelli.

Photo :
  • twitter.com/juventusfc
Kata Allegri, Target Juventus Rebut Scudetto Tak Realistis, Apa Alasannya?

Sebagai bentuk protes, Inter menurunkan pemain dari tim akademi dalam laga ulangan. La Beneamata dihajar 1-9. Omar Sivori mencetak enam gol dalam laga itu dan juga merebut Ballon d'Or 1961.

Kekecewaan juga dirasakan striker Sampdoria, Sergio Brighenti. Dia seharusnya merebut capocannoniere atau top scorer Serie A jika Sivori tidak mencetak enam gol dalam laga kontroversial tersebut.

Insiden kontroversial kembali terjadi pada 1998. Juve vs Inter menjadi laga penentu gelar. 

Wasit Piero Ceccarini menolak memberikan penalti kepada Inter saat Mark Iuliano melanggar Ronaldo di kotak terlarang. Sebaliknya, beberapa detik kemudian, Juve malah mendapatkan hadiah penalti. Juve memenangkan laga 1-0 dan akhirnya merebut Scudetto dengan keunggulan lima angka atas Inter.

Perseteruan Juve dan Inter semakin memanas pada 2006. Saat itu, Juve dianggap bersalah dalam kasus Calciopoli. Juve sampai harus rela dua gelar Serie A dicabut dan terdegradasi ke Serie B. Bahkan, gelar di musim 2005/06 diberikan kepada Inter.

Pendukung Juve sangat marah kepada Inter atas hal ini. Mereka menuduh Inter telah mencuri gelar dan juga pemain mereka. Saat Bianconeri terdegradasi, dua pemain yakni Zlatan Ibrahimovic dan Patrick Vieira menyeberang ke Inter.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya