Fenomena Gol Tendangan Bebas yang Mulai Langka di Serie A

Sinisa Mihajlovic saat masih membela Lazio.
Sumber :
  • The Guardian

VIVA – Gol dari tendangan bebas langsung dinilai sudah jarang terjadi di Serie A belakangan ini. Dua maestro eksekusi bola mati Sinisa Mihajlovic dan Alessandro Del Piero pun kini membahas fenomena tersebut.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Awalnya Del Piero bertanya-tanya soal mulai langkanya gol lewat free kick di Serie A saat ini. Dia menduga itu ada kaitan dengan penggunaan foam spray untuk menandai jarak pagar penghalang dengan titik eksekusi.

Tapi hal tersebut dibantah keras oleh Mihajlovic. Pria yang sekarang menangani Bologna tersebut malah menilai penanda batas pagar itu justru menguntungkan bagi eksekutor.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

"Di era saya masih bermain, mungkin pagar semacam ini akan membuat saya bisa mencetak gol dengan mata tertutup," ungkap Mihajlovic dikutip Football Italia.

Photo :
  • Instagram/@officialbolognafc

Prediksi Semifinal Coppa Italia: Lazio vs Juventus

Pada saat bermain, Mihajlovic dikenal punya free kick mau. Dia adalah pemegang rekor di Serie A dengan 28 gol dari tendangan bebas.

Lalu apa yang dia anggap menjadi penyebab semakin sedikitnya gol dari tendangan bebas? Mihajlovic punya jawaban sederhana. Dia menilai sangat jarang pemain yang memang serius melatih skill khusus tersebut.

"Saya melatih selama 15 tahun. Saya tidak pernah menemukan pemain yang datang ke saya dan meminta latihan tendangan bebas selepas latihan rutin," ungkap mantan pemain Yugoslavia tersebut.    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya