Orang Terkaya Indonesia Siap Kembalikan Kejayaan Como 1907

Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Tak cuma memiliki sederet bisnis di Indonesia, Djarum Group kini telah menancapkan namanya di sepakbola internasional. Itu setelah mereka mengakuisisi klub Italia yang bermain di Serie C atau kasta ketiga Negeri Pizza, yakni Como 1907.

Terpopuler: Orang Indonesia Kalahkan Kekayaan Pemilik Juventus 8 Kali Lipat, Pujian Pemain Malaysia

Grup yang dimiliki orang terkaya Tanah Air, Budi dan Michael Hartono, itu mencaplok Como dalam keadaan terpuruk pada 2019 silam. Mereka bertekad membangun dan mengembalikan kejayaan Como di sepakbola Italia dengan membawanya kembali ke kasta tertinggi.

Tidak dengan cara instan. Mereka akan melakukannya dengan cara perlahan.

Luar Biasa, Orang Indonesia Jadi Pemilik Klub Terkaya di Liga Italia, Juventus Kalah 8 Kali Lipat

Diungkapkan perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso, target realistisnya sudah disusun oleh Djarum Group. Dan itu dimulai dengan menempatkan Dennis Wise sebagai Direktur Teknik Como.

Photo :
  • Mola TV
Jay Idzes Tak Mampu Selamatkan Venezia dari Keganasan Klub Milik Orang Terkaya Indonesia

Dennis menjanjikan bakal membawa klub promosi ke Serie B dalam kurun waktu tiga tahun. Pun dengan kurun waktu yang sama untuk ke Serie A ketika sudah promosi ke kasta kedua.

Demi mencapai tujuan tersebut, Dennis bakal memanfaatkan talenta-talenta lokal berkualitas. Juga memaksimalkan potensi skuad dengan pemain pinjaman.

“Jadi yang dilakukan Dennis Wise adalah mengeluarkan pemain mahal yang sudah tidak produktif dan memberikan kesempatan pemain muda dan mendatangkan pemain pinjaman. Kami sudah merekrutnya dari QPR, Napoli, Atalanta. Itu yang kami lakukan supaya tidak jor-joran membuang uang, jadi kami buat Como bisnis yang masuk akal lah,” kata Mirwan dalam konferensi pers serial dokumenter Como 1907 di Kantor Mola, Jakarta, Selasa 20 April 2021.

“Target kami tidak instan. Tiga tahun Dennis Wise bilang baru bisa masuk Serie B. Tiga tahun selanjutnya baru lolos ke Serie A. Jadi, nanti kami akan mengoptimalkan pemain-pemain asli binaan dari Como,” jelasnya.

Como 1907 dulunya dikenal sebagai gudang pemain Timnas Italia dan pernah menyumbang nama-nama tenar seperti Paolo Rossi, Marco Tardelli, dan Gianluca Zambrotta. Gelandang Inter Milan, Nicolo Barella, juga pernah membela Como.

Mengetahui hal tersebut, Djarum Group sebagai pemilik berinisiatif untuk membuat serial dokumenter berjudul "Como 1907: The True Story" yang telah tayang di seluruh dunia.

"Serial dokumenter Como adalah produksi pertama Mola TV yang tayang di seluruh pelosok dunia. Serial ini adalah karya pertama kami yang didistribusikan ke seluruh dunia. Akan ada tiga lagi yang konteksnya sepakbola," tutur Mirwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya