Ujung Kisah Buffon, Tinggalkan Juventus Lagi Akhir Musim Ini

Gianluigi Buffon.
Sumber :
  • instagram.com/gianluigibuffon

VIVA – Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, telah menyatakan bahwa dirinya bakal meninggalkan Juventus di akhir musim ini. Dia tak memperpanjang kontraknya yang berakhir pada musim panas mendatang.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Buffon merupakan salah satu loyalis Juventus sejak didatangkan pada 2001 silam. Kiper 43 tahun bahkan tetap bertahan dengan Si Nyonya Tua ketika degradasi ke Serie B usai terlibat Calciopoli pada 2006 lalu.

Setelah melewati 17 tahun, Buffon sempat memutuskan untuk hengkang ke Paris Saint-Germain pada 2018. Sebelum akhirnya kembali ke Allianz Stadium semusim berselang.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Namun, di periode keduanya membela Bianconeri, Buffon sudah tak lagi jadi pilihan utama. Dia hanya jadi pilihan kedua di bawah Wojciech Szczesny.

Situasi tersebut otomatis berdampak pada jumlah penampilannya yang cuma mencatatkan 27 laga di semua kompetisi selama dua musim membela panji Juventus. Akhirnya, setelah melewati perjalanan panjang, Buffon memutuskan untuk berpisah dengan Bianconeri di akhir musim ini.

Prediksi Semifinal Coppa Italia: Lazio vs Juventus

Kiper asal Italia itu tak memperpanjang kontraknya. Namun, dia belum memberikan isyarat bakal pensiun dari lapangan hijau.

"Masa depan saya jelas dan sudah ditentukan. Pengalaman indah dan panjang bersama Juventus akan berakhir tahun ini," kata Buffon dikutip Football Italia.

"Entah saya akan berhenti bermain atau jika saya menemukan situasi yang memotivasi saya untuk bermain atau memiliki pengalaman hidup yang berbeda, saya akan mempertimbangkannya," jelasnya.

Ini adalah kali kedua Buffon meninggalkan Juventus setelah 2018 lalu. Namun, perpisahan kali ini terasa hadir pada waktu yang tepat.

“Saya merasa telah memberikan segalanya untuk Juve. Saya telah menerima segalanya dan lebih dari yang tidak dapat dilakukan," tutur mantan kiper Parma.

"Kami telah mencapai akhir dari siklus dan adalah keputusan yang tepat untuk menghilangkan gangguan," ucap dia.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Buffon pergi saat prestasi Juventus tengah menurun. Mereka terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Semasa berkarier di Juventus, Buffon berhasil mempersembahkan 20 trofi, termasuk 10 Scudetto Serie A. Namun, dia belum pernah membawa Bianconeri juara Liga Champions meski sudah tiga kali tampil di final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya