Kejanggalan Penalti Juventus, Ini Kata Del Piero

Detik-detik Juventus dapat penalti
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Alessandro Del Piero menyoroti penalti terakhir pada laga Juventus melawan Inter Milan di Allianz Stadium, Sabtu 15 Mei 2021.

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Duel bertajuk Derby D'Italia itu berlangsung penuh drama. Tercatat, ada tiga penalti, dua kartu merah, dan satu gol bunuh diri.

Juve membuka keuggulan usai mendapatkan hadiah penalti di menit 24. Wasit Giampaolo Calvarese menunjuk titik putih. Dari tayangan VAR, terlihat Matteo Darmian menjatuhkan Giorgio Chiellini di kotak terlarang.

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Kiper Inter, Samir Handanovic mampu menepis tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Namun, bola rebound langsung disambar Ronaldo menjadi gol.

Menit ke-35 giliran Inter Milan yang dapat penalti. Penyebabnya, Matthijs de Ligt menjatuhkan Lautaro Martinez di kotak terlarang.

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

Romelu Lukaku yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dia mampu mengecoh kiper Juve, Wojciech Szczesny.

Di penghujug babak pertama, Juve kembali unggul. Tendangan dari Juan Cuadrado mengecoh kiper Inter, Samir Handanovic.

Petaka untuk Juve datang di menit 55. Mereka harus bermain dengan 10 orang usai Rodrigo Bentancur menerima kartu kuning kedua. Dia melakukan pelanggaran terhadap Romelu Lukaku.

Inter menyamakan kedudukan di menit 83. Setelah melihat VAR, wasit menganggap Giorgio Chiellini membuat gol bunuh diri. Gol tersebut terjadi setelah terjadi kemelut di depan gawang Bianconeri.

Menit ke-88, Juve mendapatkan hadiah penalti lagi usai Juan Cuadrado dijatuhkan Ivan Perisic di kotak terlarang. Juan Cuadrado yang maju sebagai eksekutor tak membuat kesalahan. Dia membuat Juve unggul 3-2.

Nah, penalti inilah yang menimbulkan kontroversi. Wasit dinilai melakukan kesalahan dalam keputusan. Menurut Del Pireo, Ivan Perisic yang berada di dekat Cuardado tidak melakukan apa-apa.

Namun, pemain asal Kolombia itulah yang menjatuhkan dirinya sendiri dengan trik licik.

"Perisic tidak melakukan apa-apa terhadap Cuadrado, dia hanya berdiri di sana. Wasit harus datang ke sini dan menjelaskan apa yang mereka lihat," kata Del Piero," dikutip Football Italia.

"Kaki Cuadrado yang menyentuh kaki Perisic, tapi mungkin kami berasal dari era yang berbeda. Saya pikir semua keputusan penalti keliru," ujarnya.

Di sisi lain, kemenangan ini membuat Juventus kembali membuka jalan lolos ke Liga Champions. Mereka naik ke posisi keempat dengan 75 poin dari 37 laga.

Sedangkan Inter tetap tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan 88 poin dari 37 laga. Mereka unggyl 10 angka dari pesaing terdekat, Atalanta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya