AC Milan dan Inter Sepakat Bangun Stadion Bersama

Markas AC Milan dan Inter Milan saat ini, Stadion San Siro
Sumber :
  • World Soccer

VIVA – Rival sekota, Inter Milan dan AC Milan sepakat untuk mendesain stadion bersama yang akan dirancang oleh Populous yang merupakan arsitek yang sukses membangun Stadion Tottenham Hotspur di Inggris.

Prediksi Pertandingan Serie A: Inter Milan vs Napoli

Kedua klub papan atas Italia itu mengungkapkan, markas baru mereka nantinya dinamai The Cathedral. Stadion baru berlokasi di distrik San Siro yang sama di Milan dengan stadion mereka saat ini dan secara resmi disebut Stadio Giuseppe Meazza.

Milan dan Inter mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa desain stadion baru ini terinspirasi oleh Galeri Duomo dan Vittorio Emmanuele yang sangat terkenal di dunia.

Terpopuler: Sindiran Timnas Vietnam, Respons Kurnia Meiga

Mereka tidak mengungkapkan kapasitas stadion baru yang diusulkan tetapi desain dari Populous menunjukkan gambaran lapangan dengan bangku penonton yang dekat dengan lapangan itu.

Media Italia melaporkan tidak lebih dari 65.000 kursi, pengurangan yang signifikan dari San Siro saat ini, dan pertandingan perdana sudah harus dimainkan di sana mulai 2027.

Tendangan Penalti Lautaro Martinez 'Terbang ke Langit', Ini Kata Pelatih Inter Milan

Proyek yang lebih luas akan mencakup lebih dari 110.000 meter persegi ruang hijau dengan fasilitas olahraga dan rekreasi yang "bebas biaya atau berafiliasi dengan Kota Milan".

Pertandingan AC Milan vs Inter Milan

Photo :
  • twitter.com/acmilan

Kepentingan Publik

Kedua klub telah mengumumkan pilihan desain mereka setelah dewan kota Milan bulan lalu mengkonfirmasi perlu adanya "kepentingan publik" dari proyek tersebut. Pemungutan suara dilakukan setelah walikota Giuseppe Sala memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilu lokal Oktober lalu.

Juara bertahan Serie A, Inter Milan, dan juara Liga Champions tujuh kali AC Milan mengatakan, mereka sekarang "akan mempresentasikan proyek akhir untuk tahap selanjutnya pada 2022" setelah melakukan penyesuaian dengan peraturan perencanaan tata kota.

San Siro saat ini menjadi salah satu arena pertandingan paling ikonik, dijuluki "Sepakbola La Scala" namun masa depannya tidak pasti.

Stadion baru itu akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2026, dan Senin lalu Sala mengatakan "jika ada orang ingin menyewa Meazza, maka saya siap bekerjasama dengan mereka", demikian AFP. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya