7 Fakta Menarik Serie A Musim Ini, Nomor 4 Bikin Kaget

AC Milan sabet Scudetto Serie A 2021/22
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA – Kompetisi kasta tertinggi Italia, Serie A, rampung akhir pekan lalu. AC Milan keluar sebagai juara usai membukukan total 86 poin dari 38 pertandingan yang dilakoni. Unggul dua poin dari juara bertahan, Inter Milan di posisi dua.

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Sejumlah fakta menarik pun tercipta di Serie A musim ini. Apa saja? Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rangkuman fakta menarik Serie A musim ini:

AC Milan

Photo :
  • instagram
Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel Dua Jebolan Serie A

1. Pertahanan Terkokoh
Selain meraih kemenangan terbanyak (26), AC Milan juga berstatus sebagai tim terkokoh di Serie A karena hanya  kebobolan 31 gol. Sama dengan Napoli yang berada di posisi tiga klasemen. Sementara Inter d posisi dua dengan 32 gol.

Pemain Inter Milan rayakan gol Ivan Perisic.

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino
Bintang AC Milan Ini, Pemain Pertama yang Diinginkan STY Gabung Timnas Indonesia

2. Lini Depan Paling ganas
Inter yang gagal mempertahankan gelar juara Serie A menjadi tim yang terganas dalam menjebol gawang lawan. Inter total mencetak 84 gol dari 38 laga. Diikuti Lazio (77), Napoli (74). Sementara AC Milan hanya mencetak 69 gol.

Bomber Lazio, Ciro Immobile (kanan)

Photo :
  • instagram.com/seriea

3. Topscorer
Bintang Lazio, Ciro Immobile menjadi topscorer Serie A setelah mencetak total 27 gol. Diikuti Duan Vlahovic (Juventus, 24 gol), Lautaro Martinez (Inter Milan, 21 gol), Tammy Abraham (AS Roma, 17 gol), dan Giovanni Simeone (Verona, 17 gol).

Bomber AC Milan, Olivier Giroud.

Photo :
  • /twitter.com/acmilan

4. Pencetak Gol Terbanyak AC Milan
Meski meraih scudetto, tidak ada nama pemain AC Milan di 10 besar topscorer Serie A musim ini. Pencetak gol terbanyak AC Milan, Rafael Leao dan Olivier Giroud yang sama-sama mencetak 11 gol hanya berada di urutan 19 dan 20 topscorer.

Jose Mourinho ribut-ribut dengan Domenico Berardi

Photo :
  • Football Italia

5. Raja Assist Serie A
Bintang Sassuolo Domenico Berardi layak menyandang gelar raja assist Serie A musim ini berkat 14 assistnya. Ini menjadi jumlah assist terbanyak. Sementara posisi dua dan tiga ditempati pemain Inter, Nicolo Barella dan Hakan Calhanoglu yang sama-sama menyumbang 12 assist.

Pemain AS Roma, Nicolo Zaniolo.

Photo :
  • Twitter/@europacnfleague

6. Pemain Paling Banyak Dihukum
Bintang Venezia, Ethan Ampadu menjadi pemain yang paling banyak mendapat poin pelanggaran (18). Dia berada di posisi teratas setelah mengantongi total 12 kartu kuning dan dua kartu merah sepanjang Serie A musim ini.

Sedangkan urutan kedua dan ketiga ditempati dua pemain AS Roma besutan Jose Mourinho, Gianluca Mancini (15 kartu kuning dan 1 kartu merah) serta Nicolo Zaniolo (11 kartu kuning dan 2 kartu merah).

Juventus merayakan kemenangan

Photo :
  • Juventus

7. 7 tim tampil di Eropa
Empat tim Serie A yang meraih tiket ke Liga Champions musim depan: AC Milan, Inter Milan, Napoli, dan Juventus. Sedangkan tiga tim yang meraih tiket ke Liga Europa adalah: Lazio, AS Roma, dan Fiorentina.

Pemain AS Roma rayakan kemenangan di Liga Konferensi Eropa.

Photo :
  • AP Photo/Andrew Medichini
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya