Berantakan Kena Kasus Lagi, Juventus Bakal Terdegradasi?

Para petinggi Juventus, Andrea Agnelli (paling kanan)
Sumber :
  • juventus.com

VIVA Bola – Juventus sedang dilanda masalah. Puncaknya ditandai dengan mundurnya seluruh pajabat teras pada Senin 28 November 2022.

Kisah Mualaf Paul Pogba, Menemukan Jati Diri dan Kedamaian dalam Islam

Salah satu pemicu pengunduran diri tersebut adalah kasus yang tengah dihadapi.

Saat ini pihak berwenang sedang menyelidiki dugaan pemalsuan laporan keuangan dan kebohongan penyampaian informasi kepada bursa.

5 Fakta Menarik AC Milan Usai Permalukan Hellas Verona di Serie A

Sejauh ini masih dilakukan investigasi mendalam, dan ada peluang kasus sebelumnya soal tuduhan penggelembungan nilai transfer sejumlah pemain yang sempat ditutup pada April lalu, akan kembali dibuka.

Pemain Juventus merayakan gol

Photo :
  • Marco Alpozzi/LaPresse via AP
Prediksi Pertandingan Serie A: Inter Milan vs Napoli

Kasus Juventus sudah tentu menimbulkan pertanyaan soal hukuman apa yang akan diterima bila mereka terbukti bersalah, apakah mungkin Bianconeri kembali menghadapi risiko terdegradasi seperti 2006 silam?

Mengutip Football Italia, sejauh ini indikasi atas ancaman degradasi belum ada. Sebab dari investigasi yang dilakukan, dugaan tindak kriminal tidak mengarah kepada sisi olahraga.

Meski begitu, Juventus juga belum dapat dinyatakan terbebas sepenuhnya dari ancaman hukuman seperti itu. Sebab ada kans penyelidikan juga mengarah kepada hal yang menyentuh sisi keolahragaan, bila memang terbukti tindakan tersebut terkait langsung dalam proses registrasi klub dalam kompetisi.

Gazetta dello Sport mengklaim, Juventus tetap bisa terkena hukuman pengurangan poin atau bahkan terdegradasi, jika investigasi nanti berlanjut dan dianggap menyalahi Sporting Justice Code Article No.31 yang menyatakan, "pemalsuan pembukuan atau dokumen administratif, atau aktivitas ilegal yang secara langsung terkait dengan registrasi klub, dapat menyebabkan pengurangan poin atau relegasike posisi terakhir".

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya