Juventus Dihukum Pengurangan 15 Poin

Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Lazio
Sumber :
  • Marco Alpozzi/LaPresse via AP

VIVA Bola – Juventus dipastikan kena hukuman pengurangan 15 poin, Sabtu dini hari WIB 21 Januari 2023. Ini merupakan putusan pengadilan banding Federasi Sepakbola Italia (FIGC) atas kasus pemalsuan laporan keuangan.

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Jaksa FIGC, Giuseppe Chine yang mengajukan banding untuk membuka kembali proses penyelidikan terhadap klub berjuluk Si Nyonya Tua. Akibatnya mereka dinyatakan bersalah.

Mengutip Football Italia, dengan adanya pengurangan poin ini, Juventus harus turun ke urutan 10 klasemen sementara Serie A. Mereka kini cuma punya 22 poin.

Pembelaan Pelatih AC Milan Usai Inter Milan Pesta Juara di San Siro

Juventus vs PSG di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Juventus diketahui melakukan pembayaran pemain secara rahasia, dan itu terjadi semasa awal pandemi COVID-19. Dengan cara seperti itu, laporan keuangan klub jadi dipalsukan.

Simone Inzaghi Menolak Dianggap Paling Berjasa bagi Inter Milan

Akan tetapi, FIGC masih membuka peluang kepada Juventus untuk membela diri. Itu jalan terakhir mereka bisa membatalkan hukuman pengurangan poin.

Tanda-tanda Juventus bersalah dalam kasus ini sudah tercium sejak beberapa waktu lalu. Di mana sejumlah petinggi klub memilih untuk mengundurkan diri.

Juventus merayakan gol

Photo :
  • instagram

Skandal yang terkuak ini membuat skuad asuhan Massimiliano Allegri kembali ke situasi sulit. Padahal mereka sudah mulai membaik penampilannya.

Dengan berkurangnya 15 poin, upaya Juventus untuk bersaing memperebutkan gelar juara Serie A makin sulit. Bahkan untuk menuju empat besar, kans mengecil.

Bukan Cuma Juventus

Dari laporan jaksa FIGC, sejatinya bukan cuma Juventus yang melakukan pemalsuan laporan keuangan seperti ini. Ada sejumlah klub Italia lainnya juga.

Dari Serie A ada nama Sampdoria dan Empoli. Lalu yang dicurigai dari Serie B adalah Genoa, Parma, dan Pisa. Klub Serie C pun dituding melakukan hal serupa, yakni Pescara, Novara dan Pro Vercelli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya