Strategi Stefano Pioli saat Inter Vs Milan Dipertanyakan

Duel Inter Milan vs AC Milan
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA Bola – Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menerapkan formasi 3-5-2 untuk menghadapi Inter Milan dalam lanjutan Serie A di Giuseppe Meazza, Senin dini hari WIB 6 Februari 2023. Anak asuhnya harus menerima kekalahan 0-1.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Pemilihan tiga bek Pioli ini dipertanyakan. Karena dengan formasi tersebut, Milan harus menaruh Rafael Leao di bangku cadangan. Padahal penyerang asal Porugal itu sedang dalam performa bagus.

Leao kehilangan tempatnya pada formasi baru ini. Karena dia biasa jadi andalan ketika Milan bermain menggunakan formasi 4-3-3. Banyak yang menganggap Pioli sengaja melakukan pergantian untuk merespons Inter.

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Pemain Inter Milan rayakan gol Lautaro Martinez

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Tapi juru taktik berkepala plontos itu membantahnya. Dia bahkan menyebut bakal menerapkan formasi dengan tiga bek ke depannya.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

"Kami pasti akan bermain dengan tiga bek di beberapa pertandingan ke depan. Kemudian kita lihat bagaimana bentuk kami di fase menyerang," ujar Pioli, dikutip dari Football Italia.

"Rencana kami adalah menunggu Inter di area kami sendiri, tapi kemudian mendorong tim setelah kami merebut kembali penguasaan bola, tapi itu tak terjadi," imbuhnya.

Sementara terkait keputusan mencadangkan Leao, diakui Pioli sudah sesuai perhitungan. Dia mengandalkan Divock Origi untuk menemani Olivier Giroud di lini depan dengan alasan spesifik.

"Saya membuat pilihan yang saya anggap terbaik. Origi seharusnya bekerja membuat operan vertikal untuk Giroud," tuturnya.

Meski begitu, Pioli enggan menyalahkan Origi atas kekalahan ini. Karena secara keseluruhan, Milan juga terlalu dalam saat bertahan, dan ada kesalahan yang dilakukan sendiri ketika membangun serangan dari belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya